Jakarta (ANTARA) - Mercedes-Benz mengungkapkan lebih banyak detail mengenai penyegaran dan fitur terbaru untuk sedan termewahnya, S-Class 2021. Mobil ini rencananya akan diluncurkan ke diler AS pada paruh pertama 2021.

Daimler, produsen mobil Jerman yang memiliki merek tersebut, mengungkapkan Mercedes S-Class 2021 telah didesain ulang pada awal bulan ini.

S-Class 2021 memiliki bodi yang lebih besar, kabin yang lebih luas dan memiliki peningkatan teknologi baru yang substansial, termasuk bantuan kemudi darurat dan sistem augmented reality yang menampilkan arah belokan di kaca depan.

USA TODAY melaporkan pada 2019 bahwa pembuat mobil mengejar sistem augmented reality untuk proyeksi kaca depan.

Baca juga: Segmen mobil mewah jadi strategi Mercedes-Benz tingkatkan penjualan

Baca juga: Pameran virtual pertama, Mercedes-Benz langsung kenalkan tiga mobil


Perusahaan tidak mengungkapkan harga untuk S-Class baru, tetapi harga mulai untuk model 2020 berkisar dari sekitar 94 ribu dolar AS untuk versi terendah, hingga lebih dari 152 ribu dolar AS untuk versi paling mewah, menurut situs penelitian mobil Edmunds.
Tampilan Mercedes-Benz S-Class 2021. (Mercedes-Benz)


Model dasarnya, S500 4Matic, hadir dengan mesin 3 liter 6 silinder yang bertenaga 429 hp. Versi premium, S580 4Matic, hadir dengan mesin 4 liter, 8 silinder twin-turbocharged yang bertenaga 496 hp.

Dikenal karena interiornya yang mewah dan teknologi bantuan pengemudi yang canggih, S-Class menelusuri warisannya kembali ke model 220, yang memulai debutnya pada tahun 1951. Papan nama S-Class sendiri memulai debutnya pada tahun 1972.

"Dengan generasi terbaru kami ingin menawarkan kepada pelanggan kami inovasi, keamanan, kenyamanan dan kualitas yang belum pernah ada sebelumnya," kata Eksekutif Daimler Ola Källenius dalam sebuah pernyataan.

Pembaruan pada model S-Class 2021 meliputi bodi yang sedikit lebih panjang, lebih lebar dan lebih tinggi, dengan jarak sumbu roda 2 inci lebih panjang, memungkinkan ruang siku dan ruang kepala tambahan di interior.
 
Tampilan Mercedes-Benz S-Class 2021. (Mercedes-Benz)


Mobil ini dilengkapi kemampuan pembaruan perangkat lunak melalui udara. Hal ini memungkinkan peningkatan jarak jauh untuk segala hal mulai dari sistem entertainment hingga teknologi bantuan pengemudi. Tesla mempopulerkan pembaruan over-the-air, mendorong pesaing untuk mengikuti tren ini.

Menunjang kenyamanan, ada juga kursi pijat yang mampu melakukan 10 program berbeda.

S-Class 2021 dilengkapi asisten suara yang merespons panggilan, "Hai Mercedes", untuk mengaktifkan fitur seperti pemanas kursi dan navigasi kendaraan. Sistem dapat mengenali penumpang kendaraan melalui suara mereka untuk mempersonalisasi data dan fungsi.

Sistem bantuan kendaraan canggih, termasuk ""evasive steering assist", yang akan membantu mobil menghindari pejalan kaki yang berjalan atau benda diam dengan kecepatan hingga 67 mil per jam.

S-Class sudah mampu mengarahkan, mengerem, dan mempercepat kendaraan dalam situasi tertentu, seperti berbagai sistem yang tersedia pada kendaraan Tesla, Cadillac, dan Nissan.

Adapun automatic sign-recognition technology yang akan memicu peringatan ketika pengemudi dengan cepat mendekati tanda berhenti atau lampu lalu lintas merah tanpa tanda-tanda melambat.

Baca juga: Bentley Pikes Peak Continental GT cuma 15 unit di dunia

Baca juga: Buntut dieselgate, Daimler siap selesaikan gugatan konsumen AS

Baca juga: Daimler-CATL siapkan baterai berdaya jelajah 700km untuk Mercedes Benz

Pewarta: A087
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020