Cilacap (ANTARA News) - Banjir merendam tiga desa di Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Rabu malam, akibat hujan lebat yang menguyur wilayah itu sejak sore hari.

Seorang warga Sidareja yang dihubungi ANTARA, Rahmat (40), mengatakan, banjir tersebut merendam Desa Gunungreja, Cikalong, dan Sidamulya.

"Ketinggian air di Desa Sidamulya dan Cikalong masing-masing sekitar 50 sentimeter, tetapi di Desa Gunungreja hampir mencapai satu meter," katanya.

Kepala Seksi Keamanan dan Ketertiban Umum Pemerintah Kecamatan Sidareja, Edi Kurniawan, menyatakan, membenarkan banjir yang merendam tiga desa itu.

"Kemungkinan juga banjir ini merupakan akumulasi dari hujan yang turun di bagian hulu tiga sungai yang melintas di Sidareja yakni Cibogo, Kedungringin, dan Cibereum. Sungai Cibogo dan Kedungringin bermuara di Sungai Cibereum sehingga airnya meluap," katanya.

Ia mengatakan, banjir tersebut diperkirakan merendam ratusan rumah warga di tiga desa tersebut dengan ketinggian air di dalam rumah mencapai 70 sentimeter.

Rendaman air, katanya, diperkirakan hingga Kamis (21/1) pagi jika kondisi Rabu (20/1) malam tetap gerimis.

"Akan tetapi jika malam ini kembali terjadi hujan lebat, luas genangan kemungkinan akan bertambah, apalagi wilayah Sidareja merupakan daerah langganan banjir," katanya.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pemerintah Kabupaten Cilacap, Dangir Mulyadi, mengatakan, pihaknya terus memantau perkembangan banjir di Sidareja.

"Posko bencana alam di Kantor Kecamatan Sidareja malam ini terus berjaga-jaga," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010