Paris (ANTARA News/AFP) - Perusahaan yang berada dalam keadaan keuangan yang sehat tidak lagi memiliki masalah untuk mendapatkan pinjaman di Prancis, gubernur bank sentral mengatakan dalam sebuah wawancara di saluran televisi Prancis LCI, Senin.

"Kredit dalam kasus yang normal tidak menjadi masalah. Perusahaan yang dalam masalah, pada dasarnya, yang mengalami kesulitan pembiayaan," kata Noyer Kristen.

Ditanya tentang angka-angka yang menunjukkan penurunan volume kredit tahun lalu, Noyer mengatakan bahwa ini adalah "lebih masalah permintaan daripada persediaan."

"Ini terutama perusahaan kecil dan menengah yang telah melihat pertumbuhan kredit, sementara perusahaan-perusahaan besar telah melihat penurunan kredit dan itu jatuh karena telah digantikan dengan menerbitkan obligasi dan saham," tambahnya.

Angka-angka terakhir dari bank sentral menunjukkan bahwa volume kredit kepada perusahaan turun 2,3 persen pada November pada perbandingan 12 bulan.

Volume kredit kepada non-keuangan sektor swasta naik 1,0 persen pada periode yang sama -- masih jauh dari target pemerintah 3-4 persen.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010