Kendari,  (ANTARA News) - Berbagai cara untuk menarik simpatisan para calon legislatif (caleg) di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan mencari dukungan suara melalui reuni alumni sekolah menagah umum negeri I (SMUN) Kendari tahun 1986.

Pemrakarsa reuni SMU I Kendari 86, Muh Takwin, di Kendari, Sabtu mengatakan, dengan melalui pertemuan silaturahmi para alumni, selain akan bisa lebih akrab satu keluarga denga keluarga yang lain juga sekaligus merupakan jumpa `kagen-kangenan` yang pernah bersemi 22 tahun silam.

"Kami sengaja membuat pertemuan alumni ini, karena saya melihat para alumni khususnya SMU Negeri I Kendari punya potensi dan sumber daya manusia (SDM) yang bisa diandalkan sekaligus, banyak yang sudah dan akan menjadi Caleg dari berbagai partai politik peserta Pemilu tahun 2009," katanya.

Ia mengatakan, setelah pihaknya bersama rekan-rekan alumni melakukan survey lapangan, sedikitnya ada belasan alumni SMU Negeri I Kendari yang tahun ini akan menjadi Caleg Legislatif baik yang mencalonkan difri pada legisltaif di Kota/Kabupaten maupun caleg di DPRD Provinsi Sultra.

Pada caleg legislatif tingkat Provinsi misalnya terdapat beberapa nama caleg diantaranya Ir Yani Muluk Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Amirudin Nurdin, SE (Partai Golkar), Mahaseng Mustafa, SE Partai Bulan Bintang (PBB), Drs Yudha Miftahuddin Hasta Partai Demokrasi Pembaruan (PDP), Nining Saranani,SE (PKB) dan Mujarab Mustapa, SH (Partai Indonesia Sejahtera (PIS).

Salah seorang Caleg Legisltaif, Yudha Miftahuddin Hasta mengatakan, pertemuan silaturahmi seperti ini, sebaiknya tidak hanya dilakukan pada saat ada pesta demokrasi Pemilu tetapi sebaiknya dilakukan secara berkesinambungan minimal 2 atau 3 kali dalam setahun.

"Pertemuan kangen-kangenan seperti itu, membuat kita lebih akrab dan kembali mudah dan ceriah apalagi, dengan mengingat suka duka saat kita masih duduk di bangku SMU yang penuh dengan berbagai tantangan dan cobaan hidup yang belum kita tahu saat itu," katanya.

Hal senada diungkapkan, Yani Muluk anggota DPRD Kota Kendari periode 2004-2009 dari partai Golkar dan kini sudah pindah Partai ke Partai Gerindra mengatakan, bila dirinya kembali terpilih menjadi anggota DPRD Provinsi periode 2009-2014, akan berjanji untuk membiaya kegiatan reuni alumni yang dilakukan minimal sekali dalam setahun.

"Saya juga bersdia dan berjanji akan menyisihkan sebagian gaji dan penghasilan kami untuk kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakat, bila nanti saya dipercaya menjadi anggota Legislatif di tingkat provinsi," kata Amiruddin Nurdin dari Caleg partai Golkar itu.

Salah seorang guru dan sekaligus orang tua siswa yang hadir pada reuni SMU-86, Drs Mustafa Hasan, mengatakan rasa bangga dan senang terhadap mantan anak-anak didiknya yang umumnya sudah berhasil menjadi kebanggaan dan aset daerah serta sudah menjadi panutan bagi keluarganya dalam lingkungan kehidupan masyarakat.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009