Los Angeles (ANTARA News) - Sutradara Film Terbaik peraih Oscar, Steven Spielberg, menggarap film serial dokumenter bertema pembangunan ulang World Trade Center (WTC) di New York, Amerika Serikat (AS), yang hancur akibat serangan teroris pada 11 September 2001.

Spielberg sebagai produser eksekutif membuat enam seri film yang akan diluncurkan pada 2011. Serial itu tidak hanya menceritakan proyek pembuatan gedung baru setinggi 1.776 kaki (541 meter) yang sekaligus jadi simbol penghormatan tertinggi kepada yang meninggal dalam insiden serangan pesawat yang ditabrakkan ke WTC.

Sebanyak 2.752 orang dilaporkan menjadi korban tewas dalam tragedi itu, ketika teroris menabrakan pesawatnya ke menara kembar tepat dipusat area perbelanjaan New York, AS.

"Pembangunan gedung ini akan memaksakan kita mengingat kembali kenangan kelam itu," kata Michael Bloomberg selaku Walikota New York, layaknya dikutip Reuters.

Steven Spielberg menjamin film itu akan dikenang di kehidupan masyarakat dunia kelak. Untuk membuat film ini lebih hidup, digunakan efek tiga dimensi dan teknologi komputer mutakhir.

Gedung pencakar langit itu tadinya akan dinamakan "Freedom Tower", tetapi diubah namanya menjadi One World Trade Center tahun lalu akan menjadi gedung tertinggi di AS. Selain gedung baru itu terdapat juga Museum nasional dan Memorial 11 September. Pembangunan gedung itu dimulai akhir 2006 dan dijadwalkan selesai pada 2013. (*)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010