UMKM digital produktif merupakan kunci pemulihan ekonomi
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyebutkan bahwa UMKM yang menguasai teknologi digital menjadi kunci bagi upaya pemulihan ekonomi di Indonesia.

Menteri Teten Masduki di Jakarta, Minggu, mengatakan pihaknya mendorong pelaku UMKM agar dapat mengoptimalkan teknologi digital sehingga bisa menjalankan usahanya dari rumah dan terhubung ke ekosistem digital serta melakukan adaptasi dan inovasi produk.

"Sebab, UMKM digital produktif merupakan kunci pemulihan ekonomi,” kata Teten.

Teten menyebutkan berdasarkan data McKensey pada Juni 2020, tercatat sejak pandemi terjadi, penjualan di sektor e-commerce naik 26 persen dan mencapai 3,1 juta transaksi per hari.

Namun demikian pada awal 2020 pemerintah mendata baru 8 juta atau 13 persen dari total populasi UMKM yang terhubung pada platform digital.

Untuk itu, ia menekankan perlunya peningkatan kerja sama antara Kementerian/Lembaga, pemerintah daerah, institusi perbankan, fintech, marketplace dan seluruh pihak lain yang terlibat, untuk menyiapkan UMKM agar dapat bersaing di pasar domestik dan pasar global.

"Pandemi COVID-19 berdampak signifikan bagi pelaku UMKM di Indonesia, baik dari sisi suplai maupun demand," ucap Teten.

Tantangan lain juga tidak cukup hanya hadir dalam platform digital, isu keberlanjutan dari UMKM di platform digital yang juga patut mendapat perhatian.

"UMKM tidak hanya harus bertahan, namun harus mampu menjadi kompetitif baik di pasar lokal dan global,” ujar Teten.

Baca juga: OJK ingin digitalisasi UMKM dengan berdayakan lembaga keuangan mikro
Baca juga: Luhut: Selain makanan dan fesyen, UMKM harus transformasi ke teknologi
Baca juga: Menparekraf paparkan hambatan UMKM kreatif masuk pasar global

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020