Jakarta (ANTARA) - Pecatur putri terbaik Indonesia IM Medina Warda Aulia akan menantang IM Sopiko Guramishvili dari Georgia dalam dwitarung catur online yang diselenggarakan Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA), Minggu (30/8).

Menurut siaran pers dari SCUA yang diterima ANTARA di Jakarta, Jumat, dwitarung antara dua pecatur putri andalan kedua negara tersebut merupakan acara yang dirancang untuk merayakan hari jadi ke-27 sekolah catur yang telah melahirkan pecatur-pecatur nasional itu.

Bagi Medina, dwitarung ini merupakan salah satu persiapan untuk mematangkan diri menghadapi kejuaraan dunia catur 2020 yang menurut rencana akan berlangsung 10 September - 3 Oktober di Rusia.

Baca juga: Indonesia penuhi target di Olimpiade Catur Online

Selain dwitarung antara Medina dengan Guramishvili, akan digelar juga dwitarung lain yang secara keseluruhan berjumlah 27 dwitarung sesuai dengan usia sekolah catur yang digagas legenda catur Indonesia GM Utut Adianto, pengusaha Ir Eka Putra Wirya, dan pengamat catur Kristianus Liem itu.

DI antara para pecatur yang akan berjibaku itu adalah juara nasional putri 2019 MNW Farika Mariroh dari Jawa Timur melawan juara nasional KU19 putri 2019 MNW Gracelia Paramesthi dari Bali. Juga ada dwitarung àntara Grandmaster baru Indonesia Novendra Priasmoro melawan IM muda berbakat yg baru menyelesaikan gelar sarjananya Jodi Setyaki.

Semua dwitarung memang dirancang mempertemukan pecatur-pecatur muda berbakat yg pernah menjadi juara nasional atau bahkan juara turnamen internasional.

Baca juga: Utut Adianto berbagi ilmu catur secara gratis lewat webinar

Hadiah yg disediakan totalnya 27 juta dan 1.000 dolar AS. Pertandingan akan dilaksanakan secara online pd Minggu 30 Agustus 2020 dan disiarkan live streaming melalui SCUA TV.

Selain pertandingan open dan dwitarung, juga diadakan talkshow dengan bintang catur GM Susanto Megaranto dan IM Irene Kharisma Sukandar dan tiga pendiri SCUA.

Pendaftaran untuk mengikuti acara ini melalui link https://tinyurl.com/SCUATALKSHOW.

Baca juga: Indonesia lolos ke grup elit dunia Olimpiade catur online

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020