Bandung (ANTARA News) - Tim "Maung Bandung" Persib mengalahkan PSPS Pekan Baru 3-1 (0-0) pada pertandingan lanjutan Kompetisi Liga Super Indonesia (LSI) 2009-2010 di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung, Jabar, Selasa.

PSPS unggul lebih dulu melalui gol yang dicetak M Isnaeni menit ke-52 babak kedua.

Namun tim asuhan pelatih Abdurrahman Gurning itu tidak bisa menghadang laju tuan rumah yang balik memberondong dengan tiga gol yang dicetak oleh kapten tim Eka Ramdani menit ke-52, Suchao Nuthnum menit ke-77 dan tembakan penalti Hilton Moriera menit ke-86.

Pertandingan yang dipimpin wasit Suwandi berlangsung dalam tempo sedang disaksikan sekitar 25.000 bobotoh Bandung yang `terpuaskan` dengan kemenangan itu.

Kemenangan Tim Maung Bandung mendapat aplus luar biasa dari bobotoh yang `menumpahkan` emosi dukungan mereka sepanjang pertandingan. Pada pertandingan sebelumnya bobotoh kehilangan moment menonton `big match` lawan Persija, Sabtu (9/1) lalu.

Persib yang tampil tanpa striker asal Uruguay, Christian Gonzales gagal menciptakan gol cepat pada babak pertama yang harus berakhir dengan skor imbang 0-0, meski tiga peluang emas diperoleh duet Hilton dan Budi Sudarsono.

Bahkan memasuki babak kedua, kubu `Maung Bandung` harus dikejutkan oleh gol PSPS melalui M Isnaeni menit ke-50.

Namun tuan rumah tak gentar, kapten tim Eka Ramdani yang bekerjasama dengan Hilton Moriera mampu membobol gawang PSPS yang dikawal Dede Sulaiman pada menit ke-52 sehingga merubah kedudukan menjadi 1-1.

Masuknya striker Airlangga menggantikan pemain bertahan Wildansyah menambah daya serang pasukan "Maung Bandung". Selain itu kehadiran gelandang Suchao Nuthnum yang absen saat lawan Persija, menambah ruh permainan Persib untuk menuai kemenangan para pertandingan itu.

Bahkan pemain yang baru pulang mengikuti `wajib militer` di negerinya itu mampu mencetak gol pada menit ke-77 melalui tembakan jarak jauh di luar garis gawang. Gol tersebut merupakan gol kedua bagi Suchao untuk Persib pada musim ini.

Tekanan Persib di penghujung babak kedua terus berlangsung dengan menguasai `ball position`. Suchao juga berperan terciptanya gol ketiga bagi Persib setelah bola sontekannya meluncur mengenai tangan kiri bek PSPS Baneken di kotak penalti.

Wasit Suwandi langsung menunjuk titik putih penalti. Hilton yang menjadi algojo berhasil mengecoh kiper Dede Sulaeman. Tembakan menyusur tanahnya meluncur ke gawang PSPS sehingga merubah kedudukan menjadi 1-3 untuk kemenangan Persib yang bertahan hingga pertandingan usai.

Wasit Suwandi mengeluarkan tiga kartu kuning untuk Hilton Moriera (Persib), Boneke, M Isnaini (PSPS).(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010