Jakarta (ANTARA) - PT Toyota-Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan kendaraan komersial New Hilux facelift pada Kamis, dengan sejumlah pembaruan yang membuat kendaraan niaga itu juga cocok dipakai di perkotaan.

Toyota Hilux facelift hadir dengan style design kokoh, gagah, dan dinamis, dengan DNA kendaraan komersial namun tetap cocok untuk penggunaan di perkotaan..

President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda mengatakan New Hilux merupakan implementasi komitmen Toyota untuk senantiasa mewujudkan Ever Better Cars yang juga didasari semangat Let’s Go Beyond.

Salah satu usaha untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di masa adaptasi New Normal adalah dengan mengoptimalkan mobilitas yang tidak hanya fokus pada individu, tapi juga dukungan bagi dunia usaha agar roda ekonomi tetap berputar.

"New Hilux, dengan pengalaman panjang sebagai kendaraan komersial dan pemenang di ajang Dakar Rally, merupakan kendaraan komersial dengan wajah modern dan berkelas, dengan kemampuan terbaik untuk mendukung mobilitas bisnis," kata Susumu Matsuda.

Baca juga: Toyota bawa empat kendaraaan niaga versi kustom di Giicomvec 2020

Baca juga: Ini delapan mobil modifikasi Toyota di pameran Gaikindo


Sebelumnya, Toyota sudah lebih dahulu meluncurkan kendaraan niaga ini ke negara Malaysia dan juga Thailand. Pada bagian wajah yang terdapat pada model D-Cab, mobil ini menghadirkan grille trapezoidal tebal yang begitu mendominasi wajahnya sehingga menciptakan penampilan yang gagah dan penuh tenaga.

Selain itu, mobil ini juga hadir dengan desain bertema tiga dimensi begitu menonjol di bagian bumper depan dengan profil lekukan yang terlihat atraktif dan membuatnya selalu tampil terdepan di kelasnya.

Sedangkan pada varian flagship yang hadir pada tipe D-Cab tipe V sudah mengadopsi lampu depan LED dengan pola desain futuristis dan dilengkapi auto leveling untuk meningkatkan visibilitas.

Untuk varian tipe G dan V telah disematkan foglamp LED disertai rumah lampu berkelir hitam yang ramah energi dan punya daya tahan tinggi. Mobil ini sudah menggunakan velg alloy 17 inchi berwarna abu-abu gelap. Semakin terlihat elegan berkat desain lampu belakang berpola 3 dimensi bermodalkan profil kokoh dan unik di tipe V.

Baca juga: Mobil niaga ringan baru sepanjang 2019

Baca juga: 18 tahun di Indonesia, populasi Mitsubishi Triton capai 117.000 unit

 
Toyota Hilux (ANTARA/HO)

Jika masuk pada bagian interior, mobil ini memiliki beberapa penyegaran seperti desain head unit, dimana tipe E mengandalkan flat design 2 DIN capacitive screen yang bisa memainkan radio, CD, USB, dan AUX-IN.

Sedangkan untuk tipe G memanfaatkan model serupa dengan tambahan fitur Bluetooth. Sementara tipe V menggunakan monitor 7 inchi yang bisa memainkan DVD, radio, USB, AUX-IN, dan Bluetooth.

Selain itu, keduanya juga sudah mendapatkan panel instrumen yang mewah berkat hadirnya MID 4,2 inchi TFT untuk menyajikan informasi lebih baik, serta dilengkapi indikator ECO untuk melihat karakter berkendara dan animasi saat mesin baru dinyalakan.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto mengatakan bahwa di tengah situasi pandemi seperti saat ini, kehadiran New Hilux diharapkan memberikan kontribusi positif pada industri otomotif nasional.

"Saat ini Hilux tidak hanya dipakai sebagai armada bisnis, tapi juga dimanfaatkan sebagai moda transportasi warga perkotaan yang tidak hanya membutuhkan fungsi, tapi juga style memikat, performa unggul, dan kenyamanan kabin terbaik," kata dia.

Untuk sistem kenyamana berkendara, Toyota sudah memberikan beberapa perubahan.

Pada New Hilux S-Cab 4x4 dan seluruh D-Cab mendapatkan setting ulang pada sistem suspensi untuk menciptakan keseimbangan antara kenyamanan dan respons kemudi yang memadai, menjamin kemampuan di medan off-road, dan meredam goncangan yang timbul dengan lebih baik.

Untuk fitur keselamatan, D-Cab tipe G dan V telah dilengkapi fitur Vehicle Stability Control, Hill Assist Control, Trailer Sway Control, dan Emergency Brake Signal. Sementara fitur immobilizer untuk mencegah pencurian tersedia di semua model New Hilux.

New Hilux tipe S-Cab Diesel, 4x4, dan seluruh D-Cab dibekali dengan mesin diesel yang sudah ramah lingkungan 2GD-FTV 2.400 cc yang sanggup memuntahkan tenaga sebesar 149 PS serta torsi maksimum mencapai 400 Nm.

Demi mendukung kinerja mesin powerful tersebut, transmisi otomatis 6-speed disematkan pada D-Cab tipe V. Sentuhan berikutnya diberikan melalui penggunaan sistem pendingin air di rumah kompresor turbo untuk menurunkan suhu udara yang akan ditekan ke dalam ruang bakar agar menciptakan hemaat bahan bakar.

Harga New Hilux OTR DKI Jakarta

HILUX SINGLE CABIN 2.0 M/T Rp241.700 juta
HILUX SINGLE CABIN 2.4 DSL M/T Rp259.050 juta
HILUX SINGLE CABIN 2.4 DSL 4x4 M/T Rp349.350 juta
HILUX DOUBLE CABIN 2.4 E (4X4) DSL M/T Rp429.750 juta
HILUX DOUBLE CABIN 2.4 G (4X4) DSL M/T Rp454.550 juta
HILUX DOUBLE CABIN 2.4 V (4x4) DSL A/T Rp492.800 juta

Baca juga: New Triton dan L300, andalan MMKSI untuk Giicomvec 2020

Baca juga: Toyota New Hilux Single Cabin Diesel pakai mesin baru

Baca juga: Perkuat pasar 4x4, Toyota segarkan Hilux
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020