Bandarlampung (ANTARA News) - Seluruh anggota kontingen Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) X Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Lampung akan diasuransikan, guna menjamin santunan jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Ketua Panitia Porwanas X PWI Cabang Lampung, Iskandar Zulkarnain, didampingi Sekretaris PWI setempat, Supriyadi Alfian, mengatakan, di Bandarlapung, Minggu, panitia akan mengasuransikan seluruh anggota kontingen.

"Kita mengharapkan semua anggota kontingen Porwanas X di Palembang, Sumsel 1-10 Februari 2010 tidak terjadi apa-apa, namun untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan tetap akan kita asuransikan" katanya.

Iskandar yang juga redaktur pelaksana (Redpel) Harian Umum Lampung Post itu, menjelaskan, panitia sedang memilih asuransi mana yang akan diajak bermitra untuk mengAsuransikan anggota kontingen Porwanas itu.

Dua dari satu asuransi yang kemungkian akan diajak bermitra, adalah PT Jasa Raharja Putra, atau Bumi Putra 1912.

Iskandar menambahkan, pemberian jaminan asuransi kepada setiap anggota kontingen Porwanas Lampung itu sudah rutin dilakukan setiap tahun, antara lain sebagai bentuk kepedulian organisasi khususnya paniia kepada para anggota wartawan/tim Porwanas, yang akan membela nama baik daerah Lampung.

Namun, kata Iskadar lebih lanjut, untuk membayar biaya premi Asuransi itu sendiri cukup besar, mencapai antara Rp10 juta hingga Rp15 juta, untuk jumlah anggota kontingen sekitar 100 hingga 150 orang.

Sementara petugas Asuransi Bumi Putra yang telah berkunjung ke kantor PWI Cabang Lampung akhir pekan ini menyebutkan, untuk premi sebesar Rp10.000/orang, pihak Asuransi akan memberikan uang penjaminan untuk korban meninggal dunia sebesar Rp1 juta, cacat tetap juga Rp1 juta, dan bantuan biaya pengobatan maksimal Rp100 ribu.

Sedangkan jika preminya mencapai Rp50.000/orang, maka uang penjaminan yang akan diberikan untuk setiap korban meninggal dunia Rp10 juta, cacat tetap juga Rp10 juta, dan bantuan biaya pengobatan maksimal Rp1 juta.

"Waktu pertanggungan Asuransi itu sendiri bisa disepakati, apakah mau satu bulan, tiga bulan, enam bulan, sembilan bulan, atau satu tahun," kata petugas Asuransi tadi.

Jumlah anggota kontingen Porwanas X Lampung di Palembang, Sumsel 1-10 Februari 2010 sekitar 100 hingga 130 orang.

Rombongan rencananya dilepas oleh Gubernur Lampung Sjachroedin ZP pada tanggal 28 Januari 2010, dan berangkat menuju Palembang tanggal 1 Februari 2020 malam.

Pada Porwans IX di Kalimantan Timur 2-7 Februari 2007 lalu, PWI Cabang Lampung mengikuti tujuh cabang olahraga, yaitu bridge, catur, bulutangkis, tenis lapangan, biliar, futsal, dan atletik.

Jumlah kontingen Porwanas Lampung 2007 lalu sekitar 90 orang, jauh dibanding pada Porwanas di Pekanbaru, Riau tiga tahun sebelumnya lagi sekitar 120 orang.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010