LAS VEGAS, 7 Januari (ANTARA/PRNewswire-AsiaNet) --

     Versi 2.0 platform TV Mediaroom peraih penghargaan memungkinkan penyedia TV berlangganan menyampaikan lebih banyak konten hiburan ke lebih banyak jenis layar, menggunakan infrastruktur tunggal berbasis cloud.

     Hari ini pada Pameran Elektronika Konsumen (CES) Internasional 2010, Microsoft Corp. mengumumkan Microsoft Mediaroom 2.0, versi selanjutnya platform Internet Protocol Television (IPTV) yang paling banyak tersebar di dunia. Mediaroom 2.0 akan memungkinkan operator layanan televisi menyediakan jasa TV mereka kepada lebih banyak pelanggan daripada sebelumnya, dengan menyampaikan lebih banyak konten ke lebih banyak layar daripada versi Mediaroom sebelumnya - baik di dalam maupun di luar rumah.

     (Foto: http://www.newscom.com/cgi-bin/prnh/20100106/SF33691)
     (Logo: http://www.newscom.com/cgi-bin/prnh/20000822/MSFTLOGO)

     Mediaroom 2.0 dijadwalkan sudah bisa diuji oleh operator mulai bulan depan. Mediaroom 2.0 dapat disebarkan oleh operator sebagai cloud hiburan mereka yang memperkuat penyampaian jasa televisi lengkap, termasuk perekaman video digital (DVR) cloud, fitur atas permintaan, aplikasi interaktif, dan akses ke baik konten yang diselenggarakan oleh operator maupun konten yang diselenggarakan dari luar seperti Internet TV. Layanan operator dapat dinikmati oleh pelanggan mereka pada beberapa layar termasuk TV (dengan set-top box Mediaroom), Windows Media Center, browser Web (untuk PC dan Mac berbasis Windows, Xbox 360 dan telepon pintar yang sesuai.

     Di samping Mediaroom 2.0, penyedia jasa sekarang akan dapat menawarkan jasa TV atas permintaan mereka yang sudah ada kepada seluruh pelanggan broadbandnya menggunakan inventarisasi set-top boxnya yang sudah ada, oleh karenanya memperluas pijakan layanan mereka di luar jangkauan jaringan IPTV mereka. Layanan atas permintaan yang sama juga dapat dinikmati pada PC berbasis Windows 7 menggunakan Windows Media Center,* dan juga Xbox 360. Penyedia jasa juga dapat menawarkan akses pelanggan ke pemrograman atas permintaan mereka dari jauh menggunakan beragam browser Web yang beroperasi pada PC dan Mac berbasis Windows dan, dalam waktu dekat, pada telepon pintar yang sesuai.

     Mediaroom 2.0 juga menambahkan dukungan atas Microsoft Silverlight dan Microsoft Internet Information Services (IIS) Smooth Streaming untuk akses dan penyampaian konten atas permintaan. Ini memungkinkan pemirsa menikmati pengalaman putar ulang bermutu amat tinggi, karena IIS Smooth Streaming menyesuaikan aliran video dengan koneksi jaringan pengguna yang memungkinkan mutu video yang optimal. Di samping itu, dukungan atas Microsoft PlayReady melestarikan kemampuan penyedia jasa untuk mengamankan kumpulan konten mereka dan menguangkan pengalaman konsumen.

     "Strategi kami dengan Mediaroom adalah menggabungkan kekuatan perangkat lunak klien dan layanan berbasis cloud yang amat meningkatkan cara konsumen mengalami hiburan digital. Kami ingin mempermudah konsumen mendapati dan menemukan konten hebat, untuk menonton, mendengarkan dan terlibat dalam berbagai cara baru, serta melakukannya di mana pun dan pada layar mana pun," kata Enrique Rodriguez, wakil presiden korporat untuk Bisnis TV, Video dan Musik di Microsoft. "Mediaroom 2.0 merupakan peristiwa penting dalam strategi kami, yang menyediakan platform perangkat lunak yang memperkuat cloud layanan operator untuk menjangkau lebih banyak layar, dan lebih banyak orang, dengan lebih banyak konten daripada sebelumnya."

     Lebih Banyak Layar
     Menonton TV di PC merupakan tren yang berkembang. Bagi beberapa orang, ia adalah layar kedua atau ketiga di rumah atau digunakan untuk menonton TV sambil bepergian. Bagi lainnya, PC boleh jadi satu-satunya layar TV. Dukungan baru Mediaroom 2.0 atas Windows Media Center di Windows 7 berarti operator kini dapat menyampaikan layanan TV premium mereka, termasuk TV definisi tinggi (HD) langsung, DVR dan pemrograman atas permintaan, ke hampir semua PC berbasis Windows 7 tanpa memerlukan penala perangkat keras tambahan. Di samping itu, DVR dan konten atas permintaan dapat dinikmati pada Xbox 360, beragam browser Web untuk PC dan Mac berbasis Windows, serta, dalam waktu dekat, pemutaran ulang pada telepon pintar yang sesuai sambil bepergian.

     Semua ini memberi konsumen kebebasan lebih dalam tempat dan cara mereka mengakses layanan TV, dengan manfaat pengalaman yang akrab di beberapa layar. Misalnya, mereka bisa mulai menonton acara di satu layar dan selesai menontonnya di layar lain. Mereka juga dapat membangun antrean video di telepon pintar mereka dan menontonnya belakangan di TV atau PC mereka. Sambil bepergian, mereka dapat menonton acara TV rekaman di telepon pintar mereka dan belakangan menonton film fitur atas permintaan dalam HD di laptop mereka, dengan mengakses etalase yang juga mereka nikmati di rumah.

     Lebih Banyak Jaringan
     Saat ini, Mediaroom telah disebarkan lewat jaringan IP Mutu Layanan (QoS) terkelola saluran tetap. Dengan menggabungkan teknologi IIS Smooth Streaming ke dalam Mediaroom 2.0, Microsoft memungkinkan operator menawarkan layanan video atas permintaan premium bermutu HD, dengan buffering minimal dan waktu pemulaian yang cepat, bahkan lewat jaringan berbasis IP bandwidth yang beragam.

     Ini sangat memperluas jangkauan layanan bagi operator dan memungkinkan mereka melayani pelanggan saluran tetap dan juga nirkabel serta, di masa depan, jaringan broadband mudah-pindah. Bagi operator yang ingin menyampaikan hanya layanan TV-video atas permintaan ke pelanggan melalui Internet, Mediaroom 2.0 mencakup klien set-top box yang mendukung kegunaan ini dan dirancang untuk dipasang sendiri oleh pelanggan. Klien ini bisa ditingkatkan menjadi kegunaan lengkap Mediaroom tanpa perlu mengubah perangkat keras.

     Bagi konsumen, kemajuan ini berarti bahwa lebih banyak orang di lebih banyak tempat akan dapat mengalami manfaat layanan TV terbaik yang diperkuat Mediaroom daripada yang telah mungkin sebelumnya. Ini juga berarti bahwa apa pun kecepatan jaringannya, mereka akan menikmati pengalaman menonton yang optimal berkat dukungan yang sudah terbangun atas IIS Smooth Streaming.

     Lebih Banyak Konten
     Konsumen menuntut akses ke kumpulan konten yang kian besar, dan operator IPTV ingin memenuhi tuntutan ini dan membedakan lebih lanjut layanan mereka dengan menambah jajaran kontennya yang sudah ada dengan TV dan video dari Web. Dengan Mediaroom 2.0, operator kini dapat dengan mudah menyatukan TV langsung dan atas permintaan dengan konten yang terselenggara secara eksternal dari mitra-mitra Internet TV dan sumber konten berbasis Internet lain, semuanya di satu tempat dengan antarmuka konsisten yang mudah digunakan. Dukungan baru atas pemutaran ulang konten yang dilindungi menggunakan PlayReady, teknologi akses dan perlindungan konten canggih Microsoft, memperluas lebih lanjut basis konten potensial bagi layanan TV operator. Di samping itu, operator dapat membedakan lebih lanjut layanan mereka dengan aplikasi yang memberikan interaktivitas kaya serta penggabungan tanpa cela konten Web dan TV menggunakan platform pengembangan aplikasi Mediaroom, Kerangka Presentasi Mediaroom.

     Begitu layanan diperkuat Mediaroom 2.0 disebarkan, pelanggan akan dapat menikmati konten yang ingin mereka tonton di satu tempat pada TV atau PC mereka - tak lagi harus mengunjungi banyak situs untuk menemukan apa yang mereka cari atau menghubungkan PC ke TV. Malahan, mereka akan dapat menemukan dengan mudah dan menonton acara TV atas permintaan di seluruh jaringan yang berbeda menggunakan satu panduan yang mudah digunakan, atau hanya mencari melalui pemrograman yang tersedia untuk menemukan acara yang ingin mereka tonton, semuanya dalam pengalaman putar ulang yang konsisten.

     Lebih Banyak Pendapatan
     Menurut firma analis Screen Digest, lima besar pelanggan Mediaroom menghasilkan pendapatan rata-rata per pengguna (ARPU) atas permintaan yang rata-rata tiga kali lipat dari operator TV berbayar yang berkewajiban di pasar mereka.

     Mediaroom 2.0 mencakup etalase atas permintaan baru menarik yang meningkatkan lebih lanjut potensi penguangan bagi operator jasa Mediaroom. Etalase atas permintaan baru ini dirancang untuk ikut mendorong penggunaan dan kepuasan pelanggan dengan menyediakan pengalaman browsing, penemuan dan pemutaran ulang visual yang kaya, serta menawarkan akses mudah ke unsur-unsur lain layanan operator langsung ke etalase tersebut.

                                  Mediaroom 1                       Mediaroom 2.0
     Layar           -- TV melalui set-top box       -- TV melalui set-top box
                           dan Xbox 360                       dan Xbox 360

                                                                  -- PC berbasis Windows 7
                                                                     melalui Windows Media Center
                                                                  -- Browser Internet pada PC
                                                                     dan Mac berbasis Windows
                                                                  -- Telepon pintar yang sesuai

     Jaringan      -- Jaringan QoS IP terkelola   -- Jaringan QoS IP terkelola

                                                                  -- Jaringan IP broadband tak
                                                                     terkelola (Internet)

     Konten        -- Hanya konten yang            -- Kemampuan bagi operator
                         digunakan operator                 untuk menggunakan konten TV
                                                                     dan tautan ke konten Internet
                                                                     (TV dan konten audio-video lain)

     Tentang Microsoft Mediaroom
     Platform perangkat lunak Internet Protocol Television (IPTV) dan multimedia Microsoft Mediaroom peraih penghargaan adalah platform IPTV yang paling banyak disebarkan di dunia. Mediaroom mendorong masa depan televisi dengan memungkinkan penyedia jasa broadband menyampaikan pengalaman TV dan hiburan terhubung baru ke konsumen di seluruh dunia. Ia memberi cara baru bagi konsumen untuk mengalami TV sebagai bagian dari gaya hidup digital terkoneksi mereka, sambil juga menciptakan peluang bisnis baru bagi penyedia jasa broadband, produsen perangkat keras, pembuat konten, pengiklan dan pengembang aplikasi. Lebih dari 20 penyedia jasa terkemuka dunia di empat benua memilih platform Mediaroom untuk mendorong layanan TV digitalnya. Keterangan tambahan mengenai Mediaroom dan peluang untuk menyampaikan yang terbaik dalam TV ditambah semua media Anda di satu tempat ada di http://www.microsoft.com/mediaroom.

     Tentang Microsoft
     Microsoft (Nasdaq: MSFT), yang didirikan pada 1975, adalah perusahaan terkemuka seluruh dunia dalam perangkat lunak, jasa dan solusi yang membantu orang dan perusahaan mewujudkan potensi penuhnya.

     * Semua versi Windows 7 kecuali Windows 7 Starter.

     SUMBER: Microsoft Corp.

     CATATAN UNTUK EDITOR: jika Anda tertarik melihat informasi tambahan tentang Microsoft, silakan mengunjungi laman Web Microsoft di http://www.microsoft.com/presspass di halaman informasi perusahaan Microsoft. Tautan Web, nomor telepon dan judul adalah tepat pada saat publikasi, namun bisa saja berubah kapan pun. Untuk bantuan tambahan, para jurnalis dan analis dapat menghubungi Tim Cepat Tanggap Microsoft atau juga bisa di alamat ini:
http://www.microsoft.com/presspass/contactpr.mspx.

     KONTAK: Edelman untuk Microsoft
                    +1-206-223-1606
                    TVMMediaroom@edelman.com




Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2010