Pekanbaru (ANTARA News) - Kerusakan jaringan listrik mengakibatkan sejumlah daerah di Kota Pekanbaru, Riau, mengalami pemadaman listrik pada Rabu malam (6/1).

Kondisi tersebut juga sempat mengganggu acara Gubernur Riau Rusli Zainal, yang sedang memaparkan keluhannya tentang kondisi kelistrikan Riau yang makin memprihatinkan.

"Pemadaman listrik akibat terjadi kerusakan jaringan di sistem interkoneksi Sumatra Bagian Tengah dan juga ada kerusakan pada gardu 20 kilovolt (Kv) di Pekanbaru," kata Direktur PLN Wilayah Riau dan Kepri, Robert A Aritonang, kepada ANTARA di Pekanbaru.

Ia menjelaskan, kerusakan pada jaringan interkoneksi disebabkan gangguan di PLTU Ombilin, Sumatra Barat, pada sekitar pukul 19.00 WIB sehingga daya berkurang sebesar 90 Megawatt (Mw).

"PLTU Ombilin sempat keluar dari sistem," katanya.

Selain itu, ia juga menjelaskan cuaca buruk berupa hujan deras dan angin kencang mengakibatkan kerusakan di salah satu trafo berdaya 20 Kv. Ia mengatakan PLN hingga kini masih terus berupaya mengatasi kerusakan tersebut, dan meminta warga untuk bersabar.

Namun, ia belum bisa menjelaskan dampak dari kerusakan tersebut dan batas waktu berakhirnya pemadaman listrik di sejumlah daerah.


Ganggu Acara Gubernur

Pemadaman listrik tersebut sempat mengganggu acara pertemuan membahas "Riau International Energy Expo" di rumah dinas Gubernur Riau Rusli Zainal di Jalan Diponegoro. Ironisnya, listrik sempat padam dua kali saat gubernur memberi sambutan di depan para undangan.

Bahkan, Rusli Zainal harus turun tangan langsung untuk memasang lampu darurat karena pemadaman listrik berlangsung cukup lama.

Di tengah gelap gulita tersebut, gubernur menyayangkan kondisi kelistrikan di Riau makin memprihatinkan. Sebabnya, kondisi tersebut telah mengganggu iklim investasi dan menghambat kemajuan daerah.

"Jarang-jarang rumah gubernur mati lampu seperti ini," kata Rusli Zainal sambil berkelakar.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010