Jakarta (ANTARA News ) - Lembaga Charta Politika memberikan penghargaan Charta Politika Award kepada lima tokoh yang paling banyak membuat pernyataan di media massa sepanjang 2009 di Hotel Niko Jakarta, Senin malam.

Kelima tokoh tersebut adalah Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, Menko Perekonomian Hatta Radjasa, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR Anas Urbaningrum, Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR Maruarar Sirait, dan Aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dari Lingkar Madani Indonesia Ray Rangkuti.

Pada kesempatan tersebut Charta Politik juga memberikan penghargaan Live Time Achievement Award kepada Presiden ke-4 Republik Indonesia KH Abdurrachman Wahid (Gus Dur).

Kelima tokoh yang menerima pengharagaan tersebut hadir pada penyerahan penghargaan sedangkan penghargaan untuk almarhum Gus Dur diterima putri bungsunya, Inayah Wahid.

Direktur Charta Politika Bima Arya Sugiarto mengatakan, penghargaan diberikan kepada lima tokoh dalam lima kategori yakni Pimpinan Lembaga Negara untuk Mahfud MD, Pimpinan Kementerian dan Lembaga Pemerintah diberikan kepada Hatta Radjasa.

Politisi dari koalisi Parpol pendukung pemerintah diberikan kepada Anas Urbaningrum, politisi dari Parpol oposisi diberikan kepada Marurar Sirait, serta kategori aktivis LSM dan pengamat diberikan kepada Ray Rangkuti.

Pemberian penghargaan tersebut didasarkan pada pernyataan tokoh yang dikutip oleh enam harian terkemuka di Indonesia dalam bentuk berita sepanjang tahun 2009.

Dari berita-berita yang dimuat di enam harian terkemuka itu, katanya, datanya di inventarisir setiap hari oleh tim dari Charta Politika.

"Tokoh yang pernyataan paling banyak banyak dikutip di media massa dan meramaikan dunia politik nasional yang kami berikan penghargaan," kata Bima.

Doktor ilmu politik dari Australia tersebut mencontohkan, Mahfud MD pernyataannya yang dikutip di enam harian termuka sepanjang tahun 2009 lebih dari 500 kali, Hatta Radjasa lebih dari 400 kali, Anas Urbaningrum sekitar 500 kali, Maruarar Sirait sekitar 350 kali, dan Ray Rangkuti lebih dari 250 kali.

Acara pemberian penghargaan itu juga dihadiri pemimpin redaksi dari enam media terkemuka yang berita-beritanya di inventarisir setiap hari oleh tim dari Charta Politika.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010