Tasikmalaya (ANTARA News) - Jajaran kepolisian Polresta Tasikmalaya akan menindak tegas bagi pengguna jalan raya pengendara sepeda motor yang melakukan konvoi secara arogan diperjalanan perayaan tahun baru.

"Tentunya akan kami tindak tegas kalau itu mengganggu kenyamanan dan ketertiban masyarakat khususnya pengguna jalan lainnya," kata Kapolresta Tasikmalaya, AKBP Aries Syarif Hidayat, melalui Kabag Ops, Kompol Yono Kusyono, Kamis.

Menurut dia pihak kepolisian akan menindak tegas sesuai dengan aturan dan ketentuan bagi pengguna jalan raya yang melakukan konvoi secara arogan sehingga mengganggu pengguna jalan lainnya di wilayah hukum Polresta Tasikmalaya.

Dijelaskan dia, salah satunya seperti konvoi menggunakan sirine di jalan raya sambil melajukan kendaraannya dengan kecepatan tinggi sehingga pengguna jalan terganggu dan terpaksa menepi kepinggiran jalan.

Selain itu kata dia diminta para pengguna jalan raya agar tertib dan aman tanpa melakukan sikap yang membuat pengguna jalan raya lainnya terganggu.

"Jalan itu bukan milik perorangan ataupun kelompok tetapi milik bersama masyarakat pengguna jalan," tegasnya.

Sementara itu kata Yono apabila para pengguna jalan yang berkelompok membutuhkan pengawalan perlu memenuhi prosedur perijinan dari pihak kepolisian dengan aturan ketentuan yang berlaku.

Dijelaskannya pengawalan dapat dilakukan bila pengguna jalan memiliki kepentingan bagi masyarakat banyak, sehingga membutuhkan ketepatan waktu maka pihak kepolisian akan melakukan pengawalan.

"Tapi bagi pengguna jalan pada umumnya, diharapkan berkendara biasa-biasa saja, ikuti aturan lalu lintas yang berlaku agar aman dan selamat," katanya.

Sementara situasi arus lalu lintas diwilayah Tasikmalaya bagian utara atau jalur lintas Bandung-Tasikmalaya mulai dipadati banyak kendaraan roda dua dan empat yang akan merayakan tahun baru di beberapa tempat wisata dan kota di wilayah Priangan timur.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009