Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita Selasa (18/8) kemarin yang menarik untuk disimak mulai dari mobil otonom iCar (Intelligent Car) ITS hingga klaster baru penyebaran COVID-19 Badan Pengelola Keuangan Aset dan Daerah (BPKAD) Pekanbaru. Berikut berita-berita tersebut :

1. Mobil otonom "iCar ITS" diluncurkan Menristek

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang PS Brodjonegoro meluncurkan mobil otonom iCar (Intelligent Car) ITS yang dikembangkan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

"Berbicara mengenai inovasi, tentunya saya sangat mengapresiasi dan sangat bangga terhadap bapak rektor dan segenap jajaran Institut Teknologi Sepuluh Nopember yang tidak henti-hentinya terus menghasilkan penelitian dan inovasi yang tidak hanya canggih namun bermanfaat bagi masyarakat," kata Menristek dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA, Selasa, Jakarta.

2. Sehari setelah HUT RI positif COVID-19 tambah 1.673 jadi 143.043 kasus

Total kasus COVID-19 di Indonesia bertambah 1.673 menjadi total 143.043 orang sampai dengan Selasa atau sehari setelah HUT Ke-75 RI pukul 12.00 WIB, menurut data yang dikumpulkan Satuan Tugas Penanganan COVID-19.

Dari data yang dikumpulkan sejak Senin (17/8) pukul 12.00 WIB sampai siang ini, terdapat pula penambahan pasien COVID-19 yang sembuh sebanyak 1.848 menjadi total 96.306 orang dan jumlah pasien yang meninggal dunia bertambah 70 menjadi total 6.277 orang.

3. Pemerintah segera atur biaya tes usap COVID-19 agar tidak mahal

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 akan segera mengatur harga tes usap (swab) di fasilitas kesehatan swasta agar tidak terlalu mahal dan tidak memberatkan masyarakat.

“Kami juga segera melakukan pengaturan terhadap harga agar tidak terlalu tinggi, yang menyebabkan keberatan dari masyarakat untuk tes usap,” kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers daring dari Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa.

4.PSBB Proporsional Bodebek diperpanjang hingga 31 Agustus 2020

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengeluarkan Keputusan Gubernur (Kepgub) yang memperpanjang pelaksanaan PSBB secara proporsional di kawasan Kota Bogor, Depok, Bekasi, Kabupaten Bogor dan Bekasi (Bodebek) hingga 31 Agustus 2020.

Kepgub Jabar itu ber-Nomor:443/Kep.441-Hukham/2020 tentang Perpanjangan Keempat Pemberlakuan PSBB secara Proporsional di Wilayah Bodebek.

5. Klaster baru, 12 pegawai BPKAD Pekanbaru positif COVID-19

Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Riau, menyatakan terdapat klaster baru dengan ditemukannya 12 orang pegawai Badan Pengelola Keuangan Aset dan Daerah (BPKAD) setempat yang positif COVID-19.

"Iya betul ada 12 penambahan jumlah pasien positif COVID-19 dari pegawai BPKAD Kota Pekanbaru," kata Plh Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih di Pekanbaru, Selasa.

 

Pewarta: Indriani
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020