Jakarta, 28/12 (ANTARA) - Ketua MPR Taufiq Kiemas mengungkapkan, dirinya maupun sejumlah mantan presiden RI, seperti Soeharto dan Abdurrahman Wahid juga pernah dituding George Aditjondro dan tuduhan itu tidak pernah terbukti.

"Jadi dibuktikan saja. Dulu zaman saya (pemerintahan Megawati) juga begitu ada gurita kepresidenan. Saya, Gus Dur dan juga Soeharto juga mengalaminya," ujarnya kepada pers di Gedung DPR Jakarta, Senin, menanggapi polemik buku kontroversial berjudul "Membongkar Gurita Cikeas: Di Balik Skandal Bank Century" karya George Junus Aditjondro.

Menurut suami mantan Presiden Megawati itu, saat itu ia disebut George Aditjondro sebagai RI 1,5 , yang berkuasa mengurus ekonomi dan penyelundupan.

"Dulu dia (Aditjondro) nuduh saya RI 1,5 dan itu juga tidak bisa dibuktikan. Untungnya saya khusnul khotimah," kata Taufiq.

Karena itu pula, menurut Taufiq, Aditjondro harus bisa membuktikan berbagai tuduhan yang dituliskannya dalam buku terbarunya itu. "Harus berani membuktikannya, benar atau tidak, dan jangan asal berdebat," ujarnya.

Mengenai pelarangan beredarnya buku tersebut, Taufiq mengatakan bahwa hal tersbut bukan urusannya di MPR.

Namun demikian, ia menambahkan, pemerintah punya kekuasaan untuk melarang beredarnya buku-buku tertentu sejauh memiliki alasan-alasan yang kuat."Jadi tanya ke pemerintah. Kalau tidak betul, kenapa harus diteruskan," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009