Mataram (ANTARA News) - Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), A Helmy Faishal Zaini, menyempatkan diri mengunjungi Gili Trawangan, sebuah pulau kecil yang berada di daerah otonom baru Kabupaten Lombok Utara.

"Pak Menneg PDT dan istri akan berkunjung ke pulau eksotik Gili Trawangan, setelah pertemuan ramah tamah di Kantor Bupati Lombok Utara," kata Sekretaris Daerah Lombok Utara, Djohan Sjamsu, saat menjemput Meneg PDT dan rombongan di Bandara Selaparang Mataram, Sabtu.

Menneg PDT beserta istri dan rombongan lainnya tiba di Mataram, ibukota Provinsi NTB pukul 13.45 Wita dan langsung menuju Pemenang, ibukota KLU, guna menghadiri pertemuan ramah tamah dengan Bupati Lombok Utara, H. Lalu Bakrie, dan pejabat setempat.

Menurut Sjamsu, kunjungan Menneg PDT Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II ke Gili Trawangan itu merupakan kegiatan pribadi dan intern partai namun akan berdampak bagi kemajuan KLU karena dapat menyerap aspirasi demi pengembangan kawasan terpencil di Indonesia.

"Beliau ke Gili Trawangan bersama istri, besoknya (Minggu, 27/12) ada acara intern, mungkin acara kepartaian, namun tentunya akan berdampak positif bagi kemajuan daerah KLU di masa mendatang," ujarnya.

Gili Trawangan atau pulau kecil yang memiliki luas 360 hektare dengan panjang tiga kilometer dan lebar dua kilometer, yang dihuni sekitar 800 jiwa itu merupakan kawasan wisata yang sudah dikenal luas kalangan wisatawan mancanegara maupun domestik, yang setiap tahun pengunjungnya mencapai ribuan orang.

Gili Trawangan dapat ditempuh hanya 15 menit jika menggunakan "speedboat" atau 50 menit dengan perahu bermesin dari pantai Pulau Lombok memiliki keindahan yang disukai wisatawan.

Jika pengunjung memiliki sertifikat menyelam, dapat menyelami hamparan koral menakjubkan di sekitar gili tersebut.

Gili Trawangan pun memiliki banyak restauran yang dilengkapi beberapa saung mungil yang menghadap ke laut, bila malam Gili Trawangan berubah menjadi "Party Island" sementara siang tampak lengang.

Sebelumnya, Juru Bicara Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB, Andy Hadianto, mengatakan, Menneg PDT KIB II beserta rombongan akan melakukan serangkaian kunjungan ke wilayah NTB, terhitung Sabtu (26/12) hingga Selasa (29/12).

Salah satu agenda kunjungan Menneg PDT di NTB yakni peninjauan lokasi Bantuan Sosial (Bansos) Kementerian PDT (KPDT) di sejumlah daerah di wilayah, setelah berkunjung ke daerah otonom baru KLU.

Kunjungan ke lokasi Bansos PKDT akan dimulai pada Senin (28/12) pagi, yang diawali di Kabupaten Sumbawa Barat, namun Meneg PDT dan rombongan akan menggunakan helikopter ke lokasi itu.

Setelah kembali ke Mataram, Meneg PDT beserta rombongan akan berkunjung ke wilayah kabupaten Lombok Barat dan meninjau lokasi bansos KPDT setelah pertemuan ramah tamah.

Selanjutnya, Meneg PDT bertolak ke wilayah Kabupaten Lombok Timur dan melakukan serangkaian kegiatan serupa yakni ramah tamah dan peninjauan lokasi bansos KPDT.

Pada Selasa (29/12) pagi, Meneg PDT dan rombongan akan mengunjungi Pondok Pesantren Yatofa di Kabupaten Lombok Tengah, kemudian meninjau lokasi bansos KPDT di kabupaten itu.

"Sebelum meninggalkan wilayah NTB, Selasa (29/12) petang, Meneg PDT dan rombongan meninjau kantor media massa lokal," ujar Hadianto.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009