Jakarta (ANTARA) - Andrea Dovizioso akan meninggalkan Ducati setelah musim 2020 berakhir, mengakhiri kemitraan delapan tahun dengan tim pabrikan asal Italia itu, demikian sang manajer Simone Battistella pada Sabtu.

Dovizioso, 34, telah memenangi 13 balapan sejak bergabung dengan Ducati pada 2013, dan finis runner-up kejuaraan di tiga musim terakhir, akan tetapi pembicaraan soal perpanjangan kontrak menemui jalan buntu.

"Kami telah berkomunikasi dengan Ducati tapi Andrea memutuskan bahwa, terlepas apakah Ducati ingin membuat kontrak atau tidak, dia tidak ingin meneruskan di masa depan. Dia lebih memilih untuk fokus membalap dan mencoba melakukan yang terbaik di kejuaraan.ini," kata Battistella di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, Sabtu, seperti dilansir laman resmi MotoGP.

Baca juga: Ducati akan putuskan masa depan Dovizioso setelah dua balapan Austria

Manajer tim Ducati Davide Tardozzi pada Jumat mengatakan jika Ducati akan memutuskan masa depan sang pebalap asal Italia itu setelah melihat performanya di dua balapan di Austria dalam dua pekan ini.

Namun ternyata Dovi telah mengambil keputusan terlebih dahulu.

"Salah satu elemen yang dipertimbangkan oleh Andrea adalah karena pembaruan ini telah menjadi disrupsi jadi dia memilih untuk tetap fokus di balapan saja dan kejuaraan.

"Kami tahu dia punya peluang, dia bisa bertarung untuk kejuaraan ini dan dia tidak ingin ada gangguan terhadap itu," kata Battistella.

Battistella juga mengatakan jika Dovi belum ada pembicaraan dengan tim lain untuk mengamankan bangku di musim depan.

Sporting Director Ducati Corse Paulo Ciabatti mengonfirmasi kabar tersebut dan menyayangkan keputusan dari Dovi.

"Sayangnya kabar itu betul, kami bertemu pagi ini dengan Simone, manajer Andrea. Kami menyadari jika tidak ada kondisi untuk lanjut setelah musim ini," kata Ciabatti.

Namun, Ciabatti tidak merinci alasan spesifik yang melatarbelakangi keputusan itu.

"Banyak alasan. Kami bicara terbuka dengan Simone...dan pada akhirnya kami mendapati jika kami tidak bisa lanjut lagi bersama jadi kami harus menerimanya dan mencoba yang terbaik di sisa musim ini."

Ducati bakal mengumumkan siapa yang bakal menempati bangku yang ditinggalkan Dovizioso.

Jorge Lorenzo disebut-sebut sebagai salah satu kandidat, juga Francesco Bagnaia, untuk menjadi rekan Jack Miller di tim pabrikan tahun depan. Sementara rekan satu tim Dovi saat ini, Danilo Petrucci bakal pindah ke tim KTM Tech 3 musim depan.

Baca juga: Dovizioso miliki ekspektasi tinggi di Brno
Baca juga: Espargaro belum terkalahkan setelah tiga sesi latihan bebas GP Austria

 

Penerjemah: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2020