Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan penerbangan Mandala Airline akan menambah 4.320 seat (kursi) untuk mengantisipasi melonjaknya jumlah penumpang selama libur akhir tahun 2009.

Head of Corporate Communication Mandala Airline Trisia Megawati di Jakarta Rabu mengatakan, saat ini sebanyak 275 ribu kursi yang disediakan untuk penerbangan 21 Desember 2009 hingga 4 Januari 2010 sudah habis.

"Oleh karena itu kita akan membuka tambahan sebanyak 4.320 kursi karena permintaan yang tinggi," katanya di sela pemberian penghargaan Angkasa Award 2009 dan National Geografi Traveller Award 2009 kepada sejumlah maskapai penerbangan yang dinilai berprestasi.

Dalam penghargaan Angkasa Award 2009 terpilih sebagai The Airline of The Year yakni Garuda Indonesia, kategori The Most Favorite Airline diraih Lion Air, The Best Service on Economy Class yakni Mandala.

Sedangkan kategori The Best Cabine Crew pada Garuda Indonesia, The Best on Time Performance Garuda Indonesia, The Best Domestic Fare oleh Lion Air dan The Best Website pada Air Asia.

Sedangkan penghargaan National Geografi Traveller Award 2009 diraih Garuda Indonesia, Air Asia dan Lion Air.

Trisa menambahkan , rute penerbangan yang banyak diminati selama libur akhir tahun 2009 dan awal tahun 2010 yakni Denpasar, Surabaya, Kupang, Yogyakarta, Semerang dan Padang.

Menyinggung tingkat volume penumpang atau "load factor" selama liburan Natal dan Tahun Baru dia menyatakan, pada tahun lalu mencapai 90 persen.

Sementara tahun ini pihaknya optimis akan meningkat mencapai 92 persen karena selain Natal dan Tahun Baru kali ini juga bertepatan dengan libur Tahun Baru Hijriah pada 18 Desember 2009.

Sedangkan load factor untuk musim liburan atau "high season" selama 2010 pihaknya memperkirakan sebesar 86 persen.

"Masa-masa `high season` sepanjang tahun biasanya terjadi pada Juni-Juli kemudian menjelang lebaran dan akhir tahun," katanya.

Mengenai jumlah penumpang maskapai penerbangan tersebut hingga kuartal IV tahun ini, Trisa tidak memberikan angka pasti namun pada tahun lalu mencapai 3,7 juta orang.

Pada kesempatan itu dia juga mengungkapkan pada 2010 Mandala Airlines akan menambah empat hingga enam pesawat baru jenis airbus 320 yang berkapasitas 180 tempat duduk.

"Pesawat jenis ini lebih cocok untuk kota-kota di Indonesia daripada airbus 319 yang berkapasitas 144 penumpang karena lebih efisien," katanya.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009