Makassar (ANTARA News) - Persipura sukses menaklukkan PSPS Pekanbaru dengan kemenangan 2-1 pada laga lanjutan Superliga di Stadion Andi Mattalatta, Makasar, Minggu sore.

Keadaan terluka dengan tiga kali kekalahan beruntun yang diderita sebelumnya ternyata berpengaruh bagi tim Mutiara Hitam pada menit-menit awal.

Permainan cepat yang menjadi ciri khas Persipura tidak terlihat, justru tim Asuhan Jacksen F Tiago dipaksa bertahan untuk menghalau serangan bergelombang dari tim Askar Bertuah. Namun kokohnya pertahanan Persipura yang digalang Bio Paulin dan kawan-kawan mampu menghindarkan diri dari kebobolan.

Kapten PSPS Dzumafo E Herman mendapat peluang emas untuk mencetak gol pada menit ke-12, namun sayang tendangannya dari luar kotak penalti masih jauh dari gawang yang dijaga Jendry Pitoy.

Sementara bagi tim tuan rumah yang hingga menit ke-20 belum berhasil menunjukkan permainan terbaiknya, akhirnya sukses membuat stadion bergemuruh.

Lewat aksi individu Alberto Goncalves dari tengah lapangan, ia melepaskan tendangan keras dan terarah hingga tidak mampu diraih penjaga gawang PSPS Dede Sulaiman pada menit ke-23. Gol ini membuat Persipura unggul 1-0.

Albeto yang kali ini terlihat lebih semangat kembali berhasil menggandakan kedudukan menjadi 2-0 untuk Persipura pada menit ke 33 setelah memanfaatkan umpan terukur dari Edison Ames dari sudut kanan pertahanan PSPS. Keunggulan Persipura bertahan hingga wasit Aeng Suarlan meniup pluit berakhirnya babak pertama.

Memasuki babak kedua, PSPS yang tertinggal 0-2 akhirnya melakukan beberapa perubahan temasuk mengganti tiga pemain diantara memasukkan penjaga gawang Fance Hariyanto mengganti Dede yang dianggap permainannya kurang maksimal, Danil Junaidi diganti April Hadi serta Edi Subing yang harus ditarik untuk memasukkan Susanto.

Perubahan yang dilakukan pelatih Abdul Rahman ini sedikit memberikan pengaruh positif, hal itu terlihat dari pola penyerangan yang lebih bervariasi.

Melihat timnya kembali ditekan, Jaksen F Tiago juga melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Stevi Bonsavia untuk menggantikan Edison Ames yang tampak kelelahan.

Stevi sendiri sehari sebelumnya dikatakan tidak bakal turun, namun ternyata pemain yang tengah membela timnas Indonesia ini sudah kembali pada pagi harinya. Begitupun dengan Imanuel Wanggai yang mengalami cedera, ternyata juga dimasukkan menggantikan Eduard.

Setelah membuang sejumlah pelauang, tim tamu PSPS akhirnya bisa memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1 bekat gol yang diciptakan pemain bernomor punggung 88 pada menit ke 89, namun gol balasan ini terkesan lambat sehingga sudah tidak mampu menyelamatkan PSPS dari kekalahan.

Susunan pemain.

Persipura : Jendry Pitoy,Tinus Pae, Victor Igbonefo, Alberto Gonchalvez, Edward Ivakdalam (kapten)/Imanuel Wanggai, Ian Louis Kabes, Jack Komboy, Ortizan Salossa, Bio Paulin, Gerald Pangkali, Edison Ames/Stevi Bonsavia

PSPS: Dede Sulaiman/Fance, Danil Junaidi/April Hadi, Dedi Gusmawan, Agus Cimi, Edi Sibung/ Susanto, Ade Suhendra, Rusdianto, Ade Chandra Kirana, Cyril Emele Tchana, M Isnaini, Dzumafo E Herman (kapten).(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009