Jakarta (ANTARA News) - Ford Motor Indonesia (FMI) akan meluncurkan mobil perkotaan (city car) All New Ford Fiesta sebelum pelaksanaan "Indonesia International Motor Show" (IIMS) Juli 2010.

"Bulan Juli perkiraannya, yang jelas sebelum motor show (IIMS 2010)," kata Presiden Direktur FMI, Will Angove, di Jakarta Jumat.

Mobil yang memiliki platform sama dengan Mazda2 ini, menurut Angove, akan diluncurkan kembali pada IIMS 2010.

Ia mengatakan, mobil yang memiliki kapasitas mesin 1.500 cc ini merupakan hasil rakitan pabrik AutoAlliance Thailand. Rencananya juga akan diekspor ke seluruh negara ASEAN, Australia, Selandia Baru, dan Afrika Selatan.

Menurut Direktur Pemasaran FMI, Davy Tulian, peluncuran fiesta sebagai upaya produsen mobil Amerika Serikat (AS) ini untuk memperluas segmen pasar otomotif di tanah air.

"Kami kan sudah ada Escape, Everest, Focus, Ranger. Kita lengkapi di segmen mobil perkotaan," ujar dia.

Davy tidak menjelaskan harga jual mobil ini di tanah air, namun demikian harga mobil yang memiliki fitur kontrol suara dan "built in bluetooth" tidak jauh dari harga mobil perkotaan tertinggi di tanah air, yakni All New Jazz.

Dengan memasukkan mobil perkotaan ini, ia mengatakan pihaknya mencoba untuk meningkatkan penjualan dari 15 persen menjadi 24 persen khusus untuk mobil perkotaan di 2010.

"Pangsa pasar mobil perkotaan ini di Indonesia kan 10 persen dari total penjualan. Kita targetkan paling tidak bisa dapat 24 persen," katanya.

Hingga November, total penjualan Ford di tanah air mencapai 6.005 unit. Sedangkan target penjualan yang ingin diraih, menurut Davy, mencapai 6.400 unit.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009