Tangerang (ANTARA News) - Pesawat Cassa 212, yang sempat mengudara selama 30 menit, di udara Tangerang, akhirnya tergelincir ketika mencoba mendarat di Lapangan Terbang Pondok Cabe, Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten, Senin pagi.

"Cassa 212 seri 200 tergelincir setelah terbang selama setengah jam di lokal area Lapangan Terbang Pondok Cabe," ujar salah seorang sumber perwira menengah Polairud yang namanya tak ingin dipublikasikan, di Tangerang, Senin.

Ia mengatakan, pesawat Cassa 212 seri 200 diawaki tiga orang, satu orang pilot dan dua orang lainnya merupakan co pilot.

Ketiganya, adalah penerbang baru yang sedang melakukan latihan rutin local training di Lapangan Terbang, Pondok Cabe, Senin pagi, sekitar,d dengan 08.00 WIB mengunakan pesawat Cassa 212 seri 200.

"Pesawat itu sempat dua hingga tiga kali melakukan take off dan berhasil terbang," kata sumber yang mengaku berada di lokasi kejadian.

Dia mengutarakan, setelah berada di udara selama 30 menit pilot pesawat mencoba mendaratkan pesawat di landasan pacu Lapangan Terbang Pondok Cabe.

Kemudian, sebelum mendarat sempurna di landasan pacu mengunakan roda depan, pesawat sempat oleng saat menyentuh landasan karena licin, kemudian tergelincir sekitar 10 meter ke arah rerumputan landasan lapangan terbang itu.

"Pesawat itu keluar landasan, namun masih bisa dikendalikan. Tiga awak pesawat itu semuanya selamat," ungkapnya.

Mengetahui kabar itu, sambung dia, petugas Penerbat, Polisi Udara dan PT Pelita Air Service menuju lokasi untuk mengevakuasi Cassa 212 seri 200 dan menolong tiga awaknya.

Sementara itu Kapolsek Pamulang Heru Purnomo  mengungkapkan tengah  melakukan pengawasan di lokasi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009