Jakarta (ANTARA News) - Penjualan mobil "hatchback" (sedan buntung) Toyota Yaris terus meningkat sejak semester pertama tahun ini dan dalam dua bulan terakhir penjualannya di atas 1.000 unit per bulan.

"Penjualan Yaris sudah mencapai di atas 1.000 unit per bulan. Bahkan di tingkat ritel, penjualan Yaris (pada Oktober) mencapai 1.200 unit per bulan," kata Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Joko Trisanyoto sebelum pengumuman "Yaris Show Off 2009," di Jakarta, Sabtu malam.

Ia mengatakan, awal tahun ini, penjualan Yaris mengalami penurunan karena tidak ada pasokan dari Thailand. Namun pada semester II penjualan meningkat karena ada pasokan mobil.

"Penjualan Yaris terus meningkat seiring dengan pengakuan banyak pihak terhadap keberadaan mobil tersebut. Terakhir Yaris mendapat predikat `Indonesia Car of The Year," kata Joko.

Pada Januari-November 2009 penjualan Yaris, lanjut dia, telah mencapai 7.500 unit.

Sejak diluncurkan di Indonesia pada tahun 2006 sampai November 2009, penjualan sedan buntung itu telah menembus angka di atas 39 ribu unit.

Joko mengatakan pihaknya membidik kalangan muda untuk memasarkan mobil ini. Citra Yaris terus mengalami peningkatan dengan adanya berbagai penghargaan seperti juara nasional slalom test 2008.

Selain itu, diakuinya pula Yaris Show off yang diadakan sejak tahun 2007 mendongkrak citra mobil tersebut di kalangan anak muda termasuk anak muda yang kreatif memodifikasi mobil untuk menunjukkan jati diri pemiliknya. (*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009