Jakarta (ANTARA News) - Gayus Lumbuun dari Fraksi PDI Perjuangan yang disebut-sebut didukung para pemrakarsa hak angket dan Idrus Marham dari Fraksi Partai Golkar yang diusulkan koalisi, akan bertarung keras untuk memimpin Panitia Angket untuk Kasus Bank Century.

"Kami berharap, pimpinan panitia angket figur dari inisiator yang sudah berjuang sejak awal dan mendalami persoalan," kata Maruarar Sirait sesuai rapat paripurna.

Menurut dia, PDI Perjuangan akan mengusung Gayus Lumbuun untuk dicalonkan sebagai ketua panitia angket dan diharapkan mendapat dukungan signifikan dari anggota fraksi-fraksi yang menjadi inisiator pengusul.

Fraksi-fraksi yang dia maksudkan adalah enam fraksi yang menyatakan dukungan pada rapat Badan Musyawarah (Bamus), Kamis dua pekan lalu (19/11).

Keenamnya adalah Fraksi PDI Perjuangan (PDIP), Fraksi Partai Golkar (FPG), Fraksi PKS (PKS), Fraksi PAN (PAN), Fraksi Gerindra dan Fraksi Hanura.

Sementara itu, beredar informasi Fraksi Partai Demokrat mengadakan pertemuan dengan fraksi-fraksi koalisi pemerintah, yakni PKS, PPP, PAN dan PKB untuk menyamakan persepsi dan mendukung Idrus Marham menjadi ketua panitia angket.

Anggota Fraksi Partai Demokrat Ruhut Sitompul mengatakan, fraksinya telah sepakat akan mendukung Idrus Marham menjadi ketua panitia angket.

Jika suara anggota panitia angket dari FPD dan FPG bulat mendukung, maka hampir dipastikan Sekjen DPP Partai Golkar ini akan terpilih sebagai ketua pantia angket.

Namun, Ketua Fraksi Demokrat Anas Urbaningrum mengatakan, fraksinya belum menentukan siapa yang akan diusung sebagai ketua panitia angket, karena baru diusulkan pada rapat pemilihan pimpinan panitia angket, Jumat sore.

"Kita lihat saja nanti siapa yang diusulkan dan dipilih," katanya.

Mengenai posisi ketua pantia angket sangat penting karena bisa mengarahkan agenda kerja, menurut Anas, dalam pemikiran Fraksi Demokrat, tidak melihat agenda dari fraksi apa, tapi ingin segera menyelesaikan persoalan Bank Century.

Pemilihan pimpinan panitia angket dijadwalkan berlangsung hari ini pukul 15.00 dan dipimpin oleh Wakil Ketua DPR dari Partai Golkar Priyo Budi Santoso. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009