Jakarta (ANTARA News) - Rapat paripurna DPR, Jumat, akan menetapkan nama-nama anggota panitia khusus (Pansus) Hak Angket Bank Century sekaligus menentukan jadwal kerja pansus, kata salah seorang inisiator hak angket Bank Century Maruarar Sirait di Jakarta, Jumat.

"Meskipun DPR memasuki masa reses, sebaiknya Pansus Hak Angket Bank Century langsung bekerja mengungkap persoalan yang sebenarnya," kata Maruarar di Gedung DPR.

Maruarar mengatakan, pengungkapan kasus Bank Century bukan untuk menjatuhkan seseorang, tetapi mencari kebenaran agar persoalan yang sesungguhnya bank yang dinyatakan berdampak sistemik tersebut bisa transparan dan diketahui publik.

Melalui Pansus Hak Angket Bank Century ini, DPR mempunyai kesempatan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat atau sebaliknya malah semakin menurunkan kepercayaan masyarakat.

"Jika Pansus tidak bisa mengungkap persoalan Century maka kepercayaan terhadap DPR semakin menurun," kata anggota Fraksi PDI Perjuangan itu.

Inisiator Hak Angket Bank Century lainnya, Muhammad Misbakhun mengatakan, Pansus yang ditetapkan hari ini sebaiknya langsung bekerja, mengungkap persoalan dana talangan dari pemerintah yang diduga merugikan keuangan negara Rp6,7 triliun.

Menurut dia, meskipun DPR memasuki masa reses selama sebulan pada 5 Desember 2009 hingga 3 Januari 2010, tapi Pansus Hak Angket sebaiknya tetap bekerja.

Berdasarkan tata tertib DPR, anggota Pansus Bank Century sebanyak 30 orang dengan komposisi delapan orang dari FPD, enam orang dari FPG, lima orang dari FPDIP, tiga orang dari FPKS, dua orang dari FPPP, dua orang dari FPAN, dua orang dari FPKB, serta masing-masing satu orang dari FGerindra dan FHanura.

Fraksi Partai Demokrat mengusulkanb Anas Urbaningrum, Yahya Sacawiria, Benny K Harman, Achsanul Qosasi, Radityo Gambiro, I Wayan Gunastra, Agus Hermanto, dan Ruhut Sitompul.

Partai Golkar mengajukan Idrus Marham, Ade Komaruddin, Ibnu Munzir, Bambang Soesatyo, Melkiyas Mekeng, dan Agung Gunanjar.

PDI Perjuangan memajukan Maruarar Sirait, Eva Kusuma Sundari, Ganjar Pranowo, Hendrawan Supratikno, dan Gayus Lumbuun.

Dari PKS muncul nama Andi Rahmat, Mahfudz Siddik dan Fahri Hamzah, tetapi pengusul hak angket Muhammad Misbakhun tidak diusulkan oleh fraksi ini.

Fraksi PAN kemungkinan besar mengusulkan nama Asman Abnur dan Tjatur Sapto Edy. Fraksi PKB mengusulkan nama Anna Mu`awanah dan Marwan Ja`far. Fraksi PPP mengusulkan nama Romahurmuziy dan Ahmad Yani.

Fraksi Hanura mengusulkan nama Akbar Faisal dan Fraksi Gerindra mengusulkan nama Ahmad Muzani. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009