Jakarta (ANTARA) - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyambut rencana besar Mitsubishi Motors Corporation (MMC) untuk fokus pada pasar ASEAN, termasuk Indonesia.

"Mitsubishi Motors melihat potensi pasar yang terdapat di wilayah ASEAN, termasuk di Indonesia," kata President Director PT MMKSI Naoya Nakamura dalam siaran pers, Kamis.

Sebelumnya, Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengumumkan laporan keuangan kuartal pertama tahun fiskal 2020 dan rencana bisnis jangka menengah tiga tahun ke depan (dari fiskal 2020 hingga 2022) yang berfokus pada ASEAN.

Baca juga: Sejarah mobil pertama Mitsubishi, dibuat pakai palu dan pahat

Baca juga: Harga kendaraan Mitsubishi akan naik hingga Rp3 juta


Rencana bisnis bertajuk "Small but Beautiful" itu berfokus pada rasionalisasi biaya dan peningkatan profitabilitas yang bertujuan untuk pertumbuhan yang berkelanjutan.

Dalam jangka menengah, MMC menyesuaikan lini bisnis yang berfokus pada pertumbuhan profit melalui produk yang kuat di wilayah tertentu. Dalam hal ini, MMC akan memusatkan sumber daya manajemen di wilayah ASEAN serta meningkatkan pangsa pasar di ASEAN menjadi lebih dari 11 persen.

MMKSI menilai hal itu sebagai peluang untuk mengembangkan bisnisnya, apalagi produk andalan mereka, Xpander telah diekspor ke negara-negara ASEAN seperti Vietnam, Thailand dan Filipina sejak 2018.

"Ini menjadi tantangan sekaligus peluang bagi MMKSI sebagai distributor di Indonesia untuk bertumbuh dan memperluas pasar dengan rencana pengembangan produk MMC," kata Naoya Nakamura.

Ia menjelaskan, MMKSI memiliki produk unggulan di Indonesia dengan penerimaan pasar yang cukup baik, misalnya Mitsubishi Xpander dan Pajero Sport.

"Keduanya kebanggaan Indonesia, dibuat secara lokal untuk pasar domestik dan global di pabrik MMKI di Indonesia yang akan terus menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi untuk memenuhi permintaan terutama bagi pelanggan Indonesia," tambah Naoya Nakamura.

Di wilayah ASEAN, MMC akan memperkuat jajaran model kendaraan ramah lingkungan seperti PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) dan EV (Electric Vehicle).

MMC juga merilis model-model baru di segmen SUV, truk pick-up dan MPV mulai tahun fiskal 2022 dan seterusnya.

Baca juga: Mitsubishi kembali hadirkan edisi khusus Pajero Sport Rockford Fosgate

Baca juga: MMKSI terapkan standar baru operasional diler

Baca juga: MMKSI "recall" Xpander untuk perbaikan "fuel pump"
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020