Detroit (ANTARA News) - Ford Mustang bertarung dengan Chevy Camaro dalam perlombaan untuk mendominasi penjualan muscle car dan Ford bertekad memimpin perlombaan dengan kendaraan hemat bahan bakar.

Ikon Ford Motor Co., Mustang, sudah dikenal sebagai model balap yang penuh tenaga selama lebih dari empat dekade dan tidak pernah dikenal sebagai mobil yang hemat bahan bakar.

Tetapi, pabrik pembuatnya menyatakan bahwa pada 2011 Mustang akan muncul dengan mesin yang mampu menempuh 30 mil untuk setiap galon di jalan raya.

Sementara itu Camaro, yang kembali diproduksi pada 2009 setelah absen selama tujuh tahun, memiliki mesin V-6 yang mampu menempuh 29 mil untuk setiap galon dengan 304 tenaga kuda.

Ford ingin untuk mempersempit kesenjangan kinerja antara model dasar dari Mustang dengan Camaro melalui seri Mustang pada 2011 yang dijadwalkan mulai diproduksi awal 2010,. Mustang itu akan memiliki mesin V-6 dengan 305 tenaga kuda, transmisi enam kecepatan dan mengkonsumsi bensin 30 mil per galon.

"Ketika Anda membeli mobil sport, anda ingin merasakan kinerjanya," kata Barb Samardzich, kepala Ford powertrain engineering. "Dan tidak ada alasan anda harus berkompromi dengan hemat bahan bakar."

Ford "bermain sedikit menyusul" dengan perjuangan Mustang untuk memotong kue Camaro, kata analis IHS Global Insight, Harun Bragman.

"The Camaro mengambil alih posisi mereka secara mengejutkan dalam hal kekuasaan dan efisiensi bahan bakar melalui mesin V-6 mereka," kata Bragman. "Mereka mencoba membuat Mustang lebih kompetitif dan mereka harus .. karena Camaro akan memakan kudapannya dalam hal penjualan."

Setelah Oktober, penjualan Mustang selama 2009 mencapai 56.469 unit di Amerika Serikat, sedangkan penjualan Camaro mencapai 47.233 unit. Penjualan Camaro di AS dimulai April dan telah mengalahkan Mustang selama beberapa bulan."Mereka ingin kembali memimpin penjualan," kata Bragman Ford.

Mustang model 2011 yang akan mewakili 25 persen perbaikan jarak tempuh dari versi saat ini menggunakan mesin V-6 dengan kapasitas 3,7 liter yang baru, enam kecepatan transmisi otomatis, aerodinamik lebih baik dan perubahan lainnya.

Ford juga menambahkan fitur ke V-6 Mustang yang telah ditemukan pada mobil dengan versi yang lebih mahal, termasuk knalpot standar ganda dan rem yang lebih baik. Penjualan V-6 diharapkan mencapai sekitar separuh dari semua penjualan Mustang.

Ford telah menemukan bahwa pelanggan lebih memilih mesin kecil di banyak kendaraan, seperti sedan kelas menengah Fusion yang penjualannya mencapai 80 persen dari penjualan model tahun 2010 untuk mobil 4 silinder atau hybrid drive.

Ford mengatakan pihaknya akan terus memproduksi Mustang versi V-8."Menurut sayar kita akan melihat Mustang V-8 untuk waktu yang sangat, sangat panjang," kata Samardzich.

Ford belum mengatakan berapa harga Mustang model 2011, tapi kalangan eksekutif mengatakan harganya akan tetap kompetitif dengan versi saat ini.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009