Makassar (ANTARA News) - Pameran foto Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA bertajuk "Demokrasi Langsung" dinilai mendorong pendewasaan dan pencerdasan masyarakat dalam proses demokrasi.

"Dengan melihat foto pelaksanaan proses demokrasi langsung dengan dua persitiwa yang memiliki prestise tersendiri, yakni pemilihan umum (Pemilu) legislatif dan pemilihan presiden, akan turut memberikan pencerdasan pada masyarakat," kata Gubernur Sulsel H Syahrul Yasin Limpo dalam sambutan dibacakan Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat Amal Natsir di Mari Mal Makassar, Jumat.

Menurut Gubernur Syahrul, proses pendewasaan masyarakat bukan hanya dapat dilakukan melalui media formal, tetapi juga media informal seperti pameran foto.

Menurut dia, pameran foto yang digelar Perum LKBN ANTARA merupakan sarana informasi yang sangat baik untuk membantu masyarakat mencermati fenomena proses demokrasi di Indonesia.

Berkaitan dengan hal tersebut, lanjutnya, Gubernur Sulsel H Syahrul Yasin Limpo memberikan apresiasi yang tinggi kepada LKBN ANTARA yang mampu mengangkat fenomena demokrasi langsung itu melalui media foto untuk disuguhkan kepada masyarakat.

"Kami sangat mendukung kegiatan ini dan diharapkan ke depan masih ada pameran foto seperti ini yang lebih luas lagi cakupannya," katanya.

Sementara itu, Dirut Perum LKBN ANTARA Dr Ahmad Mukhlis Yusuf mengatakan, pameran foto ini merupakan rangkaian dari safari (roadshow) yang digelar di Makassar. Kegiatan lainnya adalah kuliah umum di Fisip Universitas Hasanuddin (Unhas) dan workshop jurnalistik dan fotografi di Pasca Sarjana Sabtu (21/11).

"Safari ini digelar di enam kota besar di Indonesia dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) LKBN ANTARA yang ke-72 yang jatuh pada 13 Desember 2009," katanya.

Keenam kota yang menjadi lokasi safari tersebut adalah Jakarta, Surabaya, Medan, Makassar, Denpasar dan Yogyakarta. Makassar merupakan kota empat pelaksanaan safari jajaran LKBN ANTARA.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009