Semarang (ANTARA News) - Sejumlah partai politik di Jawa Tengah mengharapkan peningkatan dana bantuan yang dialokasikan dalam rancangan anggaran pendapatan dan belanja 2010, kata Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera Dewan perwakilan Rakyat Daerah Jawa Tengah Arif Awaludin, di Semarang, Jumat.

Arif menengarai, alokasi dana bantuan bagi partai ini tahun 2010 turun dari tahun ini karena besaran dana bantuan partai yang sebelumnya dihitung berdasarkan jumlah kursi di legislatif, akan berubah menjadi berdasarkan perolehan suara.

Menurut Arif, satu suara hasil pemilihan umum lalu akan dihargai Rp136 rupiah sehingga perolehan dana bantuan bagi partai ini akan turun, dari Rp147 juta pada tahun 2009, menjadi sekitar Rp146 juta pada anggaran 2010.

Padahal, perolehan suara Partai Keadilan Sejahtera di Jawa Tengah mengalami peningkatan cukup signifikan pada pemilihan tahun ini.

"Kebijakan ini kurang memberi dorongan terhadap pemenuhan kebutuhan partai serta tumbuhnya demokrasi," katanya.

Sementara itu, Ketua Fraksi Partai Demokrat Anik Amikawati menuturkan, pada rancangan anggaran 2010, alokasi dana bantuan partai politik mencapai Rp2,1 miliar dan ini dianggapnya tersebut sedikit, mengingat satu kursi hanya dihargai Rp21 juta.

Ia mengharapkan, besaran bantuan disesuaikan tidak didasarkan atas besaran bantuan tahun sebelumnya, namun angka yang sesuai dengan standar kelayakan. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009