Gorontalo (ANTARA News) - Memasuki tahun 2010, Provinsi Gorontalo akan serentak menggelar tiga Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di tiga kabupaten, yaitu Bone Bolango, Pohuwato dan Kabupaten Gorontalo, namun tanggal dan bulannya belum ditentukan, demikian Pelaksana Tugas Gubernur Gorontalo, Gusnar Ismail, Selasa.

Gusnar mengatakan, pihaknya masih akan berkoordinasi dengan pemerintah dan KPU ketiga kabupaten untuk menentukan jadwal pilkada serantak tersebut.

"Waktunya masih akan dirumuskan bersama, karena terkait anggaran yang akan dialokasikan untuk penyelenggaraan tiga pilkada tersebut," kata Gusnar dalam rapat koordinasi dengan KPU dan Panwas Provinsi Gorontalo di Kantor Gubernur, Selasa.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Salahudin Pakaya mengatakan bahwa untuk menentukan jadwal serentak, KPU harus memastikan mengenai penyelesaian daftar pemilih (DP4) sebagai syarat terselenggaranya Pilkada.

"Rencananya kita akan mulai serentak bulan Desember 2009, namun belum disetujui oleh ketiga pemda," ujarnya.

Menurut dia, penentuan jadwal pilkada juga mengalami kendala karena bulan Desember merupakan masa transisi anggaran. Salahudin mengusulkan agar pemerintah membentuk tim fasilitator, untuk membantu persiapan penyelenggaraan pilkada. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009