Washington (ANTARA News/AFP) - Ford Motor Co. pada Selasa mengatakan penjualannya di AS pada Oktober naik 3,1 persen dibanding setahun lalu, yang merupakan kenaikan ketiga kalinya dalam empat bulan terakhir ini bagi produsen otomotif nomor dua tersebut.

Total penjualan mobil barunya di bawah Ford, yakni merek Lincoln, Mercury dan Volvo meningkat menjadi 136.920 unit pada bulan lalu.

Jumlah ini naik 21 persen dari September, yang menunjukkan adanya pembelian kembali terhadap mobil menyusul adanya insentif akhir dari pemerintah AS dalam pembelian mobil di bawah program "cash for clunkers".

Ford juga mengatakan pangsa pasar ritelnya naik untuk yang keduabelas kali dalam 13 bulan terakhir ini, terbantu dengan sedan terbarunya Taurus dan penjualan yang meningkat pada kendaraan utilitas sport (SUV).

"Permintaan konsumen bagi produk baru kualitas tinggi dan efisien bahan bakar minyak mendongkrak pangsa pasar Ford," kata Ken Czubay, Wakil Presiden Ford.

"Kendaraan Ford merupakan yang terbaru di antara para produsen kendaraan -- yang mana lebih dari 80 persen penjualan kami pada Oktober berasal dari model kendaraan baru 2010 itu."

Ford memperkirakan pangsa pasar seluruhnya pada Oktober lebih dari 15 persen -- lebih tinggi dari tahun lalu dan lebih tinggi dari pangsa sembilan bulan pertama 2009.

Ford, satu-satunya dari tiga besar produsen kendaraan AS yang bisa menghindar dari kebangkrutan dan jaminan pemerintah, pada Senin mencatatkan laba yang mengejutkan hampir satu miliar dolar AS selama kuartal lalu dan mengatakan perseroannya di jalur yang tepat untuk bisa menguntungkan secara solid pada 2011.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009