Washington (ANTARA News/AFP) - Ford Motor Co pada Senin, membukukan sebuah kejutan keuntungan kwartal ketiga 997 juta dolar AS di tengah membaiknya usahan di Amerika Utara dan mengatakan berada di jalur untuk menjadi "menguntungkan yang mantap".

Produsen mobil nomor dua AS ini berayun ke hitam dari kerugian 129 juta dolar pada periode yang sama tahun 2008, ketika Ford terus melakukan restrukturisasi untuk mengatasi pasar yang sakit di tengah penurunan global terburuk dalam beberapa dasawarsa.

Secara keseluruhan laba operasional sebelum pajak mencapai 1,1 miliar dolar AS, sebuah peningkatan sebesar 3,9 miliar dolar AS dari Juli-September 2008 dan merupakan laba kuartalan pertama sejak kuartal pertama 2008, kata perusahaan itu.

Ayunan kedalam keuntungan dari laba bersih per saham 26 sen, tidak termasuk item khusus, mengejutkan sebagian besar analis yang memperkirakan rugi 12 sen.

Untuk pasar utama Amerika Utara, perusahaan membukukan laba operasi sebelum pajak 357 juta dolar, keuntungan kuartalan pertama sejak kuartal pertama 2005.

Ford adalah satu-satunya pembuat mobil dari Tiga Besar Detroit yang tidak mendapatkan bantuan pemerintah untuk mengatasi penurunan penjualan mobil dan tidak seperti saingannya General Motors dan Chrysler, tidak bangkrut tahun ini.

"Produk baru yang kuat, pengurangan biaya struktural dan peningkatan hasil di Ford Credit mengangkat hasil perusahaan meskipun kondisi ekonomi global terus melemah," kata perusahaan dalam sebuah pernyataan.

"Ford sekarang memperkirakan menjadi membukukan keuntungan yang kokoh pada tahun 2011, tidak termasuk item khusus, dengan operasi yang positif berkaitan dengan arus kas."

Ford juga melaporkan keuntungan operasi usaha di Amerika Selatan, Eropa, Asia Pasifik dan Afrika.

"Hasil kuartal ketiga kami dengan jelas menunjukkan bahwa Ford membuat kemajuan luar biasa meskipun terjadi penurunan berkepanjangan dalam ekonomi global," kata presiden dan kepala eksekutif Ford Alan Mulally.

"Lini produk kami yang solid memimpin di semua pasar. Sementara kami masih menghadapi tantangan jalan di depan, rencana transformasi `One Ford` kami sedang bekerja dan bisnis yang mendasari kami terus tumbuh lebih kuat."

Ford mengatakan pendapatan kuartal ketiga adalah 30,9 miliar dolar AS, turun 800 juta dolar AS dari periode yang sama tahun lalu.

Kenaikan penjualan otomotif 100 juta dolar dari tahun lalu diimbangi dengan penurunan pendapatan di Ford Credit terutama disebabkan oleh kerugian pinjaman, kata perusahaan.

Ford mengatakan pihaknya memangkas 1,0 miliar dolar AS dari biaya struktural dalam sektor otomotif selama kuartal, mengakibatkan sebagian PHK terutama di Amerika Utara dan Eropa.

Dalam sembilan bulan pertama tahun ini, Ford mengatakan telah mengurangi biaya struktural otomotif 4,6 miliar dolar AS, melampaui target setahun penuh 2009 sebesar 4,0 miliar dolar AS.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009