Jakarta (ANTARA) - Kepala Eksekutif Tesla, Elon Musk mengatakan perusahaan itu sudah sangat dekat untuk mencapai teknologi mengemudi otonom tingkat 5 (swakemudi sepenuhnya), sejalan dengan kemampuan Tesla menavigasi jalan tanpa bantuan driver.

"Saya sangat yakin bahwa level 5 atau pada dasarnya swakemudi sepenuhnya akan terjadi dan saya pikir akan terjadi dengan sangat cepat," kata Musk melalui pesan video pada pembukaan World Artificial Intelligence Conference (WAIC) di Shanghai, dilansir Reuters, Jumat.

"Saya tetap yakin, bahwa kami akan memiliki fungsionalitas dasar untuk otonomi level 5 yang selesai tahun ini," tambah Elon Musk yang dipuji memiliki kejeniusan tinggi oleh CEO Panasonic, Kazuhiro Tsuga.

Baca juga: Tesla raup penjualan gemilang di Korea Selatan

Baca juga: Permintaan meningkat, LG Chem akan produksi baterai untuk Tesla


Para produsen dan perusahaan teknologi kendaraan masa depan seperti Alphabet Inc Waymo dan Uber Technologies berinvestasi miliaran dolar di industri penggerak otonom.

Kendati demikian, salah seorang yang berhubungan langsung terhadap industri masa depan itu mengatakan mereka akan membutuhkan waktu untuk membangun kepercayaan publik.

Pembuat mobil yang berbasis di California, saat ini tengah membangun mobil dengan sistem bantuan pengemudi Autopilot.

Data industri menunjukkan Tesla menjual hampir 15.000 sedan Model 3 buatan China bulan lalu.

Baca juga: CEO Panasonic: Elon Musk jenius tapi terlalu optimistis

Baca juga: Elon Musk siapkan Tesla Gigafactory baru di Asia?

Baca juga: Pesaing Tesla, Xpeng P7 mobil produksi pertama pakai chip NVIDIA

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020