- SINOPEC menyelenggarakan Konferensi Global Dealer Pelumas Pertama di Beijing

- Program Delta Emas (Golden Delta)

     Surabaya, 29 Oktober 2009 (ANTARA) - Sementara perusahaan-perusahaan raksasa Cina lainnya sibuk mencari energi dan tambang, perusahaan pelumas SINOPEC, salah satu afiliasi SINOPEC Corp. (kode listing dari luar negeri) memilih terobosan berbeda.

     Pada 28 Oktober 2009, Pelumas SINOPEC mengadakan Konferensi Global Dealer yang pertama. Di depan para dealer dari lebih 30 negara, SINOPEC akan menggambarkan peta bertahap dari internalisasi pelumas, mulai dari kerangka pasar Amerika, Eropa sampai Asia Tenggara, serta program Delta Emas yang menunjukkan ambisi Pelumas SINOPEC untuk go global.

     Konferensi Global Dealer diselenggarakan di kantor pusat SINOPEC, Beijing. Dalam tiga dekade terakhir, kota metropolitan ini telah menjadi salah satu pusat ekonomi dan diplomasi dunia. Khususnya sejak Olimpiade Beijing 2008, pengaruhnya makin merasuk ke setiap penjuru dunia. Dalam konferensi tersebut, Pelumas SINOPEC akan mengungkap resolusinya untuk mencapai pusat panggung dunia. Mr Song Yunchang, General Manager Pelumas SINOPEC, akan memaparkan strategi Tiga Langkah SINOPEC ke para dealer: Langkah pertama, fokus pada ekspansi di pasar Asia Pasifik; Langkah kedua, mendirikan pabrik di luar negeri; Langkah ketiga, secara bertahap membangun sebuah global sales and ice network.

     Strategi Tiga Langkah menyorot gaya kerja, scalogram, keseluruhan tata letak dari pusat ke daerah, hingga akhirnya menduduki pasar Eropa dan Amerika. Produk SINOPEC sekarang diekspor ke lebih dari 40 negara dan wilayah seperti Australia, Selandia Baru, Malaysia, Filipina, Indonesia, Pakistan, Vietnam, Cina, Taiwan, Cina, Hong Kong, dan lain-lain, serta jaringan penjualan yang telah dibentuk di beberapa negara. 6 Juni 2007, Merk SINOPEC berhasil meraih OEM di Singapura dan mencapai kemampuan dalam menyediakan barang langsung ke luar negeri. Hal ini merupakan awal bagus bagi perkembangan SINOPEC di kancah internasional.

     Meskipun terkena dampak krisis keuangan dan faktor-faktor penghalang lain pada tahun 2008, Pelumas SINOPEC mencapai pertumbuhan year-on-year sebesar 45% di pasar luar negeri. Saat ini, produk-produk berorientasi ekspor dari SINOPEC telah mencakup mesin pembakaran minyak, minyak gear, minyak hidrolik, minyak pelumas, dan lain-lain, dengan lebih dari 100 merek dagang, berbagai ukuran kemasan, serta pelayanan yang luas untuk industri mobil, mesin, listrik, metalurgi, pertambangan, arsitektur, pengiriman, dan sebagainya.

     Mr. Zhang Jianhua, Senior Vice President SINOPEC mengungkapkan "Pelumas SINOPEC akan melakukan transformasi secara bertahap, dari bisnis berorientasi ekspor menuju mode operasi yang memadukan investasi, produksi, pemasaran dan manajemen, serta operasi transnasional." Hal ini senada dengan Mr. Song Yunchang, General Manager Pelumas SINOPEC yang percaya bahwa merek pelumas ke depannya akan lebih terkonsentrasi di pasar internasional. SINOPEC tidak akan menemukan ruang baru bagi pembangunan masa depan kecuali ia dapat meningkatkan internasionalisasi produksi pelumas dan tata letak logistiknya.

     Kartu di Tangan Pelumas SINOPEC
     Di sisi lain, pasar pelumas high-end di dunia saat ini didominasi oleh perusahaan mapan Barat. Dengan adanya perluasan pasar internasional SINOPEC, permainan perusahaan pelumas di pasar dunia akan lebih ramai. Bagaimana SINOPEC akan menggeser mereka yang sudah 'mapan' di pasaran dan memenuhi tantangan mereka? Dan kartu apa yang dipegang SINOPEC?

     Sebagai partner 50 Tahun dari CASC (Cina Aerospace Science and Technology Corporation), SINOPEC adalah satu dari sedikit perusahaan pemasok pelumas di dunia. Kerjasama tersebut memainkan peran penting dalam aspek-aspek inti pengembangan teknis serta pengendalian kualitas produk SINOPEC. Berkat teknologi tajam dan kualitas unggul produk, SINOPEC tidak hanya menjadi penyedia eksklusif minyak untuk CASC, Snow Dragon (Xue Long), dan Antarctic Expedition Ship, tetapi juga menjadi salah satu mitra Olimpiade Beijing 2008. Dengan demikian, jika pencapaian eksternal SINOPEC diwujudkan dalam bentuk pemasaran, maka pencapaian internal SINOPEC bisa diwujudkan dalam kalimat "berteknologi tinggi dan berkualitas unggul".

     Rahasia pelumas SINOPEC dalam mencapai pertumbuhan yang cepat di kompetisi pasar internasional terletak pada kualitas produk di luar kebutuhan pelanggan dan layanan teknis yang diberikan. Pelumas SINOPEC benar-benar sesuai dengan spesifikasi yang disyaratkan oleh API (American Petroleum Institute), SAE (Society of Automotive Engineers), European Automobile Manufacturers Association dan ISO (International Organization for Standardization), berhasil mencapai otentikasi teknis General Motors, Mercedes-Benz, Volkswagen, Toyota, Nissan dan negara pembuat mobil lainnya, serta menjadi pemasok minyak eksklusif untuk kantor pengisian dan layanan OEM mereka di Cina. Minyak laut SINOPEC juga mencapai otentikasi teknis dari MAN, manufaktur terbesar minyak laut dunia.

     Saat ini, pelumas SINOPEC menduduki pangsa pasar terbesar bidang OEM di Cina dan telah lama bekerjasama dengan industri mobil, besi baja, tenaga listrik, kereta api, serta industri penting lainnya. Ditambah lagi pengalaman yang berlimpah dalam penggunaan produk minyak, pembangunan model layanan dan pengembangan pelanggan. Dengan adanya Cina secara bertahap menjadi pusat manufaktur dunia, ekspor mesin dan peralatan produksi Cina meningkat pesat. Kemampuan perusahaan-perusahaan Cina dalam menjalankan proyek-proyek internasional ini akan memfasilitasi SINOPEC untuk lebih memperluas produk dan jasanya ke luar negeri. Kesempatan seperti ini tentunya menjadi tantangan besar bagi pemain lainnya.

     Dapat dimengerti jika SINOPEC berusaha keras untuk menjadi perusahaan energi dan kimia transnasional yang kompetitif di arena internasional. Bisnis pelumas SINOPEC akan menjadi bagian penting dari strategi pasar internasional yang mereka terapkan. Pelumas SINOPEC mengandalkan afiliasi luar negerinya yang luas, terus meningkatkan jaringan pasokannya di luar negeri serta memperluas seluruh jaringannya dari Asia ke Eropa, hingga mencapai Amerika secara bertahap. Menurut eksekutif SINOPEC, dalam bidang pelumas laut dengan fitur yang unik secara internasional, SINOPEC akan memperluas layanan pasokan minyak pada setiap jalur pelayaran dalam jangka waktu 3 tahun, serta berkeinginan untuk memiliki jaringan utama di garis depan pelabuhan-pelabuhan di Asia, Eropa, Amerika, Afrika dan Australia dalam 5 tahun.

     Persamaan SINOPEC
     Seorang dealer dari Selandia Baru berkata "Sangat mudah berbisnis dengan staf SINOPEC. Mereka rajin, ramah, jujur, sederhana dan akrab satu sama lain; ternyata, gaya kerja karyawan Cina seperti itu menerima lebih banyak pengakuan dari negara-negara lain." Pengakuan dari mitra kerjasama tersebut merupakan dukungan penting bagi Pelumas SINOPEC untuk menerapkan strategi internasionalnya, dan juga penting bagi perwujudan keunggulan-keunggulan inti SINOPEC. Oleh karena itu, SINOPEC menyiapkan berbagai strategi untuk memastikan pelaksanaan strategi "3 Langkah" dapat berlangsung efektif.

     Menurut para eksekutif perusahaan, SINOPEC berencana untuk mendirikan, membantu dealer internasional untuk mendukung pengembangan pasar, serta menekankan keuntungan kompetitif pada 4 aspek, yaitu :

     Pertama, dengan menekankan konotasi merek Pelumas SINOPEC sebagai "teknologi tinggi dan kualitas unggul" dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan citra merek SINOPEC melalui kegiatan Public Relations dan pemasaran.

     Kedua, manfaatkan sistem produk Pelumas SINOPEC yang sempurna, untuk melaksanakan pengembangan secara mendalam dari beragam produk yang berbeda, seperti minyak otomotif, minyak industrial, oli, dan lain-lain, serta kalahkan kompetitor dengan mengandalkan performa yang sempurna / perbandingan biaya produk.

     Ketiga, mantapkan sistem jaringan pemasaran dengan mengkombinasikan agensi produk khusus dan agensi pasar regional dengan fitur pasar yang berbeda-beda. Sebagai tambahan, Pelumas SINOPEC akan memberi beranekaragam penghargaan kepada para dealer berdasarkan performa mereka dengan tujuan untuk pengembangan pasar.

     Keempat, menyediakan pelatihan-pelatihan profesional berkaitan dengan konsep pemasaran, model pengembangan pasar, pengetahuan tentang minyak serta membangun jaringan-jaringan lokal layanan pemasaran.

     Jelas sudah bahwa SINOPEC telah melangkah jauh ke dalam pemasaran antar benua dan lokalisasi pemasaran. Selama proses tersebut, para dealer Pelumas SINOPEC akan memainkan peran yang makin lebih penting. Untuk mengindikasikan pentingnya para dealer, Mr. Song Yunchang, General Manager Pelumas SINOPEC, mengutip sebaris puisi Jerman di konferensi tersebut "Tak perduli apa targetnya dan apa yang dilakukan seseorang, sia-sia jika berusaha menempuhnya hanya dengan satu tangan".

     Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
     Syandra Kwan Public Relations Agency
     Telp: 031-5451415, Fax: 031-5314137
     ask@syandrakwan.com


Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2009