Jakarta (ANTARA) - Toyota Gazoo Racing (TGR) mengumumkan akan memproduksi kembali suku cadang untuk mobil klasik Toyota 2000GT dalam rangka proyek "GR Heritage Parts". Toyota rencananya juga akan menjualnya di dalam negeri dan luar negeri.

Proyek ini adalah inisiatif yang akan mereproduksi suku cadang yang tidak lagi tersedia, dan menjualnya sebagai suku cadang asli kepada pelanggan yang bercita-cita untuk terus mengendarai mobil-mobil yang penuh dengan kenangan pemiliknya.

Sebelumnya, pada bulan Mei 2019, sebuah pengumuman dibuat untuk memproduksi kembali dan menjual suku cadang untuk A70 dan A80 Supra pada konferensi pers GR Supra, dan Toyota 2000GT akan menjadi model berikutnya setelah ini.

Toyota 2000GT adalah mobil sport yang diluncurkan pada tahun 1967 melalui kolaborasi dengan Yamaha Motor Co., Ltd. Hingga produksinya berakhir pada tahun 1970, sebanyak 337 unit diproduksi.

Baca juga: Mercedes-Benz tarik 668.954 mobil yang bocor bahan bakar

Baca juga: Toyota Yaris akan "hilang" dari pasar mobil baru AS


Mobil ini mengadopsi teknologi Jepang terbaru, termasuk 2.0-liter DOHC straight six engine, four-wheel disc brakes, rem cakram empat roda, ban radial, roda magnesium alloy, dan lampu depan retractable.

Mobil ini dapat melaju hingga kecepatan maksimum 220 km/jam, setara dengan mobil sport Eropa saat itu. Sebelum diluncurkan, Toyota 2000GT mengambil bagian dalam uji kecepatan dan menetapkan tiga rekor dunia (10.000 mil, 15.000 km, 72 jam) dan 13 catatan internasional.

Mobil sport ini juga meraih kemenangan dan penempatan tinggi di berbagai ajang balapan. Ini membuatnya menjadi mobil sport terkenal di dunia untuk Toyota, dan digunakan dalam adegan pengambilan gambar di Jepang untuk film "James Bond: You Only Live Twice".

Upaya sedang dilakukan di pemasok berkolaborasi khusus, bersama dengan pabrik Toyota dan divisi terkait, dalam persiapan untuk produksi bagian yang produksi kembali.

Baca juga: Suzuki ACross PHEV berwajah Toyota RAV4

Baca juga: Pasar mulai pulih, penjualan Toyota Mei lebih dari 600.000 unit


Mulai 1 Agustus 2020, informasi akan terus diperbarui di situs TGR, dan pesanan akan diterima. Selain itu, suku cadang yang direproduksi dapat dibeli dari diler Toyota dengan cara yang sama seperti membeli suku cadang asli yang normal.

Namun, karena keunikan Toyota 2000GT, penjualan akan dibatasi untuk pemilik, untuk mencegah penjualan kembali; dan jumlah suku cadang yang dijual akan dibatasi per mobil.

Komponen yang akan diproduksi kembali (untuk transmisi manual 5-speed) adalah gear, transmisi sinkron, hub dan selongsong transmisi, kit gasket dan seal oli, kit bearing, kit ring snap, thrust washer, shift fork, final gear kit, dan ring gear set bolt.

Juga, sehubungan dengan putaran pertama suku cadang yang diproduksi untuk A70 dan A80 Supra, diumumkan pada Januari 2020 lalu bahwa beberapa komponen termasuk pengukur pengirim bahan bakar A70, gagang pintu A70, dan gagang pintu A80 akan tersedia untuk dipesan melalui diler Toyota di Jepang dan luar negeri mulai 1 Juli.

Informasi mengenai dimulainya pesanan untuk bagian lain akan diposting di situs web TGR.

Baca juga: Toyota Prius AS ditarik karena masalah sistem hybrid

Baca juga: Pasar otomotif Indonesia dinilai dinamis di tengah pandemi COVID-19

Pewarta: A087
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020