Banda Aceh (ANTARA News) - Tim sepak bola asal Provinsi Aceh mewakili Indonesia mengikuti kejuaraan Asean usia 13 tahun (U-13) yang akan berlangsung di Jakarta awal Nopember 2009.

"Itu merupakan prestasi yang cukup membanggakan bisa mewakili Indonesia untuk bertarung dengan tim U-13 dari 11 negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN)," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Aceh, Zulkifli, di Banda Aceh, Senin (26/10) malam.

Tim sepak bola yang berjumlah 10 orang murid Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Bireuen, Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe itu akan bertolak ke Jakarta pada Selasa (27/10), melalui Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar.

Didampingi Kabid pendidikan dasar Dinas Pendidikan Aceh, As`hari, ia menjelaskan tim U-13 tersebut mewakili tim sepakbola Indonesia setelah berhasil lolos sebagai juara nasional pada Juni 2009.

"Kami berharap agar tim sepakbola yang pemainnya berusia belasan tahun dan berasal dari desa-desa itu tidak hanya membawa harum nama Indonesia ditingkat Asean, tapi bisa melaju sampai dunia internasional," katanya menjelaskan.

Kejuaraan sepakbola U-13 itu pada awalnya akan berlangsung di Singapura. "Namun, secara tiba-tiba bergeser kembali dan akhirnya diputuskan di Jakarta dan dijadualkan dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono," kata dia menjelaskan.

Pelatih U-13, Syaiful Bahri, menjelaskan tim sepakbola Aceh berhasil menjadi juara nasional setelah mengalahkan kesebelasan Sulawesi Selatan (Sulsel) pada babak final, sekitar Juni 2009.

"Setelah itu, kami melakukan pelatihan secara kontinyu selama tiga bulan penuh, sekaligus beberapa ujicoba dengan beberapa klub di Aceh dan sempat juga berlatih beberapa minggu di Jakarta," katanya menjelaskan.

Tim U-13 asal Aceh itu juga akan melakukan TC selama sepekan di Jakarta, sebelum digelarnya pertandingan pada kejuaraan di tingkat Asean di Jakarta.

Ia menjelaskan, tim U-13 tersebut telah tiga kali menjadi juara provinsi dan mengikuti kejuaraan ditingkat nasional sejak 2006.

"Dari tiga kali mengikuti kejuaraan ditingkat nasional, kami hanya bisa masuk ranking empat dan enam. Tahun ini (2009) baru lolos dan mewakili Indonesia pada kejuaraan Asean," katanya didampingi asisten pelatih, Darmawan.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009