Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kojiro Shiojiri menilai Indonesia merupakan negara yang penuh dengan kebijaksanaan sehingga mampu mengatasi berbagai kesulitan yang datang.

"Kita sedang menghadapi tantangan-tantangan baru tapi kita bisa mengatasinya dengan bijak. Kalau ada tekad, kita akan bisa mengatasi berbagai kesulitan, kita punya Tuhan untuk membantu menghadapinya," kata Shiojiri saat bertemu dengan Dirut LKBN ANTARA Ahmad Mukhlis Yusuf, di Jakarta, Kamis.

Shiojiri juga menilai Indonesia sudah sangat matang dalam menghadapi berbagai masalah dan telah menunjukkan kemampuannya dengan bekerja keras mengatasi korupsi dan terorisme. Ia menambahkan Indonesia merupakan negara besar karena telah mampu membangun demokrasi.

Sama seperti Jepang, Indonesia juga dikenal sebagai negara yang memiliki berbagai pesona dan dinilai mampu mempertahankan budaya serta tradisinya yang bukan hanya upacara adat namun juga ritual yang menarik bagi banyak orang.

Jadi, Jepang dan Indonesia yang telah memiliki hubungan diplomatik selama 50 tahun diharapkan juga bekerjasama dalam mengorganisasi acara-acara kebudayaan yang melibatkan warga negara masing-masing.

"Ada sekitar 30 acara kebudayaan setiap tahunnya. Itu memang angka yang kecil. Seharusnya ada ratusan setiap tahunnya," ujar Shiojiri.

Pengaruh kebudayaan sangat kuat karena bisa mengajarkan orang akan nilai kehidupan. "Jadi, hubungan kita selama 50 tahun masih tidak cukup untuk mempererat ikatan antar dua negara. Harus ada acara kebudayaan setiap tahun yang melibatkan orang-orang," tuturnya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009