Tokyo (ANTARA News) - Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM), Johnny Darmawan menilai, penunjukkan MS Hidayat sebagai calon Menteri Perindustrian (Menperin) yang baru diprediksikan bisa secara konsisten melanjutkan dan menyempurnakan kebijakan pengembangan industri nasional yang sudah dilakukan Menperin sebelumnya.

"Mengingat latar belakangnya sebagai pengusaha maka kami yakin Pak Hidayat bisa memahami dengan baik karakteristik industri nasional khususnya yang bergerak di bidang otomotif," katanya saat ditemui di Tokyo, Rabu, menghadiri persiapan pameran otomotif bergengsi Tokyo Motor Show 2009.

Ia mengatakan, MS Hidayat merupakan pengusaha yang sudah sangat berpengalaman. Kepemimpinannya sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia diakui cukup berhasil.

Bagi sesama pengusaha, hal itu bisa memberikan rasa optimis bahwa Menperin baru akan mampu dan komitmen melanjutkan kebijakan yang sudah dirintis Menperin sebelumnya, Fahmi Idris.

Oleh karena itu, menurut dia, pelaku usaha berharap Menperin baru dapat meneruskan kebijakan yang sudah digariskan selama ini oleh pejabat lama.

Dengan begitu, tidak perlu terjadi setiap ganti menteri maka berubah pula kebijakannya. "Hal seperti itu yang selalu dikhawatirkan para pelaku usaha karena pada dasarnya pengusaha butuh kepastian dalam menjalankan dan mengembangkan usaha," kata Johnny Darmawan.

Sementara itu Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Bambang Trisulo memprediksikan bahwa kabinet baru presiden SBY 2009-2014 akan lebih cepat beradaptasi dengan tugas-tugasnya.

Hal itu dikarenakan sebagian besar calon-calon menteri yang dipanggil ke Cikeas adalah wajah-wajah lama atau yang sudah menjadi anggota kabinet 2004-2009.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009