Bogor (ANTARA News) - Praktisi kesehatan Nila Djuwita Moeloek tiba di kediaman pribadi presiden terpilih Susilo Bambang Yudhoyono di Puri Cikeas Indah, Bogor, Minggu siang sekitar pukul 12.45 WIB.

Kedatangan ahli bedah mata yang siang itu mengenakan pakaian batik berwarna hijau tersebut adalah untuk mengikuti uji kelayakan calon menteri dan pejabat negara dari Yudhoyono yang didampingi oleh wakil presiden terpilih Boediono.

Nila Moeloek adalah Ketua Komite Pemberdayaan Masyarakat Jakarta. Menilik dari latar belakang pendidikan dan keahliannya Nila Moeloek berpeluang mengisi posisi Menteri Kesehatan.

Sekitar 10 menit sebelum kedatangan Nila, terlebih dahulu tiba Patrialis Akbar, Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) dan mantan wakil ketua Komisi III DPR RI.

Patrialis Akbar disebut-sebut akan mengisi posisi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia dalam kabinet.

Calon menteri ketiga yang hadir setelah istirahat makan siang adalah profesional di bidang perminyakan, gas dan keuangan, Gita Wirjawan.

Selama ini Gita Wirjawan dikenal sebagai Komisaris Pertamina dan pemilik perusahaan sekuritas Ancora Capital.

Gita diprediksikan mengisi jabatan Menteri Negara BUMN atau Kepala BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal).

Sebelum istirahat makan siang hingga pukul 12.00 WIB telah ada enam calon menteri atau pejabat negara yang mengikuti uji kelayakan yaitu Darwin Z Saleh, Djoko Kirmanto, MS Hidayat, Gusti Muhammad Hatta, Suharna Surapranata dan Linda Agum Gumelar.

Pada hari ini Yudhoyono-Boediono dijadwalkan mewawancarai sedikitnya 18 calon menteri atau pejabat negara. Sekalipun menurut juru bicara kepresidenan Andi Mallarangeng ada peluang melanjutkan uji kelayakan pada Senin (19/10) apabila belum selesai.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009