Padang (ANTARA News) - Kunjungan wisatawan asal Malaysia ke Sumatra Barat (Sumbar) diperkirakan tidak akan berkurang, meski wilayah itu baru saja mengalami gempa bumi berkekuatan 7,9 Skala Richter.

Menteri Pertahanan Malaysia, Dato Seri Ahmad Zahid bin Hamidi, yang datang memberikan bantuan asal pemerintah Malaysia untuk korban gempa Sumbar, mengemukakan hal itu di Padang, Minggu.

Menurut dia, warga Malaysia tetap menjadikan Sumbar sebagai satu tujuan wisata utama bagi warganya karena hubungan kekerabatan yang dekat dan serumpun.

Selain itu, sejumlah objek wisata di Kota Padang dan Bukittinggi sangat digemari warga Malaysia untuk berwisata.

Wartawan asal Malaysia yang ikut bersama rombongan tersebut juga sempat menanyakan soal jalan dan juga objek wisata di daerah ini apakah rusak atau tidak akibat gempa itu.

Para wartawan Malaysia mengemukakan bahwa pada November dan Desember banyak warga Malaysia yang merencanakan liburan ke Sumatra Barat.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Sumbar, Gamawan Fauzi, menyatakan kondisi objek wisata tidak terlalu banyak yang rusak akibat musibah gempa itu.

Kota Bukittinggi sebagai satu lokasi tujuan utama wisatawan tidak terkena gempa bumi itu dan siap menerima kunjungan wisatawan.

Selain itu, jalan-jalan kini juga sudah bisa dilalui karena reruntuhan materialnya sudah dibersihkan.

"Kita siap menerima kunjungan wisatawan asal Malaysia dan daerah lainnya itu ke Sumbar," katanya.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009