Jakarta (ANTARA) - Apple Inc mengumumkan sistem baru yang memungkinkan pengguna iPhone membuka kunci dan menghidupkan mobil BMW Seri 5 menggunakan aplikasi ponsel BMW Digital Key pada ponsel iOS 13 ke atas.

Sistem baru itu bisa digunakan bukan cuma untuk satu orang, melainkan beberapa orang -- misalnya keluarga atau pasangan -- melalui sistem iMessage.

Dilansir Reuters, Selasa (23/6), Apple menyebutkan bahwa sistem baru itu bisa digunakan pada BMW Seri 5 yang akan didistribusikan kepada konsumen pada pekan depan.

Sistem itu dapat langsung digunakan pada iPhone dengan iOS 13 ke atas. Apple memastikan akan lebih banyak mobil yang bisa menggunakan kunci digital itu pada tahun depan.

Apple juga melanjutkan kerja samanya dengan BMW dan Ford untuk memberikan informasi lokasi pengisian daya listrik.

Menurut laman resmi perusahaan otomotif yang berbasis di Jerman, BMW Digital Key tidak hanya bisa dipakai untuk Seri 5.

Mulai Juli 2020, BMW Digital Key bisa digunakan pada Seri 1 hingga Seri 8, X5, X6, X7, M5, M8, X5M DAN X6M.

"Perangkat yang kompatibel dengan BMW Digital Key adalah iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone SE (generasi ke-2) dan Apple Watch Series 5. BMW Digital Key memerlukan iOS 13.6 dan WatchOS 6.2.8," tulis BMW dalam laman resmi perusahaan.
 
BMW Digital Key (BMW Global)


Untuk membuka kunci pintu pengemudi dengan Digital Key, pengguna harus memegang iPhone dengan sisi bawah yang menghadap gagang pintu berjarak maksimal 1,5 inci.

Pintu yang bisa dibuka hanyalah pintu di sisi pengemudi, bukan pintu penumpang.

Untuk mengaktifkan fitur, pengguna hanya cukup membuat BMW ID dengan aplikasi BMW Connected.

Pemilik mobil harus duduk di kursi pengemudi dengan membawa dua kunci mobil konvesional untuk memastikan bahwa Anda memang pemilik mobil itu. Setelah itu, buka aplikasi dan ketuk tombol "pair now" kemudian letakkan ponsel di sensor NFC.

Sedangkan untuk menonaktifkan fitur, Anda bisa memakai FaceID, TouchID atau kata sandi yang anda gunakan saat mengaktifkan fitur itu.

Jika Anda ingin meminjamkan mobil itu, BMW dan Apple mengizinkannya penggunaan aplikasi untuk lima orang lainnya dengan syarat Anda sudah mengirimkan kode invitation ke ponsel Apple milik orang lain yang akan memakainya.

Pemilik mobil akan memiliki kontrol penuh untuk mencabut izin penggunaan aplikasi dari orang lain yang meminjamnya.


Baca juga: BMW Korsel luncurkan Seri 5 dan 6

Baca juga: BMW New 7 siap dipasarkan di Indonesia, harga mulai Rp1,8 milyar

Baca juga: Fitur terbaru iOS 13

 
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020