Pontianak (ANTARA) - Trio pecinta otomotif asal Tangerang, Banten, Verrel Jeremy Wijaya, Julius Alberto Yapina dan William Julio Luis memberikan tips bagi masyarakat dalam menjaga cat di bodi mobil dari goresan serta kerikil saat berkendara.

Dalam diskusi daring tentang otomotif yang diikuti dari Pontianak, Sabtu, Julio Luis mengatakan, melindungi cat bodi mobil merupakan salah satu cara untuk menekan pengeluaran perawatan kendaraan di tengah pandemi COVID-19.

"Perlindungan terhadap cat mobil dari goresan serta kerikil saat berkendara dengan paint protection film atau clear bra mulai diminati. Selain melindungi cat di bodi mobil, clear bra juga membantu melindungi warna mobil dari pudar, agar tetap awet hingga bertahun-tahun," kata Julio.

Clear bra adalah metode melindungi bodi kendaraan menggunakan semacam stiker transparan.

Ia melanjutkan, penggunaan pelapis pelindung clear bra melindungi cat bodi mobil secara total. "Dari masalah serpihan batu hingga korosi akibat air laut," ungkap Julio.

Ketiganya yang juga pemilik Bengkel W Motorsport yang terletak di Duta Indah Iconic C 11, Tangerang itu mengakui bahwa banyak yang tidak menyadari dampak dari goresan, baretan karena serpihan batu atau korosi tadi.

"Gangguan-gangguan kecil tersebut tak datang dalam waktu singkat, dalam jangka waktu tertentu baru akan terlihat," kata Verrel.

Ia mencontohkan bekas kerikil yang terlempar saat berkendara di jalan, kadang memberi bekas yang kurang nyaman untuk dilihat. "Kemudian swirl mark, atau baret-baret halus yang bertumpuk, membuat mobil lama kelamaan terlihat kusam. Semua gangguan itu bisa kita cegah dengan pemasangan pelindung cat atau clear bra," kata Verrel.

Sementara Julius menambahkan clear bra wajib digunakan pecinta otomotif karena selain melindungi, juga membuat bodi tahan lama.

"Bodi mobil terlindung dari hal-hal yang tidak pernah kita sadari, misalnya kerak air laut yang dapat mengakibatkan korosi. Atau mungkin terkena getah pohon, cipratan minyak atau lainnya. Mobil akan terlihat tetap seperti baru terus," tambah Julius.

Tips lain untuk semua pemilik mobil agar warna cat tetap cantik dan tahan lama salah satunya adalah dengan menghindari matahari langsung.

"Hindari terkena sinar matahari langsung, agar car tak cepat kusam. Kemudian usahakan mencuci mobil jika habis terkena hujan, karena air hujan mengandung zat asam yang kurang baik jika terkena cat mobil," kata Julius.


Baca juga: Rawat warna kendaraan dengan lima langkah ini

Baca juga: Empat langkah jaga cat mobil tetap berkilap

Baca juga: Tips merawat bodi dan cat mobil


 
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020