Chicago (ANTARA News/AFP) - Ford Motor Co. menyatakan penjualan kendaraannya di AS pada september turun enam persen, meski untuk penjualan kuartalannya untuk pertama kali mengalami kenaikan dalam kurun empat tahun terakhir, kata perseroan, Kamis.

Penurunan ini berbeda dengan kenaikan 17 persen pada Agustus dan dua persen pada Juli, yang ditolong dengan adanya program populis yang dibiayai pemerintah "Cash for Clunkers" yang dilakukan pada Agustus.

Ford memperkirakan perusahaannya berhasil meningkatkan dua persen pangsa pasarnya dibandingkan September 2008, yang dikatakan kenaikan itu sebagai yang kesebelas kalinya dalam 12 bulan terakhir, dan sebagai satu-satunya produsen kendaraan AS yang lolos dari kebangkrutan dengan meraih peningkatan pangsa pasar ritel.

"Keseimbangan dalam produksi baru yang berkualitas tinggi, produk yang efisien bahan bakarnya telah menolong kita melalui periode luar biasa di penjualan kendaraan di industri ini," kata Ken Czubay, Wakil Presiden Bidang Pemasaran dan Penjualan Ford di AS dalam statemnnya.

"Dengan penjualan yang berfluktuasi kadang naik dan menurun, dan perubahan dramatis, pada kuartal ketiga ini menjadi periode ujian besar bagai Rencana Satu Ford -- yang mengembangkan serangkaian kendaraan dari mobil mini hingga truk kelas berat."

Penjualan merek utama Ford -- Ford, Lincoln dan Mercury -- turun 5,8 persen menjadi 109.939 kendaraan apda September dan turun 22,3 persen selama tahun ini hingga saat ini menjadi 1,19 juta kendaraan.

Mayoritas keuntungan Ford saat ini berasal dari produksi kendaraannya yang hemat bahan bakar yang memenuhi kualifikasi program "Cash for Clunkers".

Untuk jenis Fusin terlihat penjualan kuartalan naik 35 persen menjadi 56.559 kendaraan, sedang kendaraan hibrid Ford __ Fusion, Milan, Escape dan Mariner -- mencatat kenaikan kuartalan 239 persen menjadi 12.186 kendaraan.

Untuk jenis truk pick-up seri F dari Ford, penjualannya sempat terhempas seiring dengan jatuhnya industri konstruksi dan perumahan, masih mampu mencatat kenaikan bulanan kedua kalinya pada September sebesar 3,5 persen menjadi 33.877 kendaraan.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009