Jakarta (ANTARA News) - Anggota Dewan Perwakilan daerah (DPD) asal Sumbar Irman Gusman akhirnya terpilih sebagai Ketua DPD periode 2009-2014 setelah menyisihkan saingannya, anggota DPD asal Sultra Laode Ida dalam pemungutan suara tahap tiga untuk memilih pimpinan lembaga itu.

Dalam pemungutan suara yang dilaksanakan dalam rapat paripurna DPD di Gedung Nusantara V Jakarta, Jumat dini hari, Irman Gusman berhasil meraih suara dukungan sebanyak 81 suara dan Laode Ida mendapat 46 suara.

Pada pemungutan suara tahap terakhir itu, anggota DPD asal Yogyakarta GKR Hemas menyatakan mundur dari persaingan untuk posisi Ketua DPD sehingga akhirnya hanya tersisa Irman Gusman dan Laode Ida saja yang bertarung.

Namun demikian, dalam komposisi kepemimpinan DPD periode 2009-2014, GKR Hemas tetap menjadi Wakil Ketua DPD bersama Laode Ida mendampingi Irman Gusman yang terpilih melalui voting sebagai Ketua DPD.

Komposisi kepemimpinan DPD itu mencerminkan keterwakilan wilayah yang meliputi barat, tengah dan timur Indonesia.

Sesaat setelah pimpinan sidang sementara, Percha Leanpury (Sumsel), membacakan hasil perhitungan suara, Laode Ida tampak bangkit dari tempat duduknya dan menghampiri Irman untuk memberikan ucapan selamat.

Sementara itu setelah resmi terpilih, Irman Gusman, GKR Hemas dan Laode Ida langsung diambil sumpahnya sebagai pimpinan DPD periode 2009-2014.

Kalangan anggota DPD berharap agar pasca pemilihan pimpinan DPD, di lembaga itu tidak terjadi kubu-kubuan yang bisa menghambat kerja-kerja DPD dimasa mendatang. (*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009