Jakarta,(ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di area Monumen Lubang Buaya, Jakarta, Kamis.

Upacara tersebut dihadiri sejumlah pejabat tinggi negara, perwakilan negara sahabat dan sekitar 500 anggota DPR periode 2009-2014.

Hadir pula keluarga tujuh pahlawan revolusi yang gugur dalam peristiwa pemberontakan PKI pada 34 tahun silam.

Dalam kegiatan itu, Wapres Jusuf Kalla akan melakukan doa dan tabur bunga di makam tujuh pahlawan revolusi yang gugur akibat pengkhianatan Gerakan 30S/PKI pada 1965.

Area Monumen Lubang Buaya semula adalah kawasan yang digunakan latihan para anggota PKI dan tempat mereka menguburkan tujuh pahlawan revolusi setelah diculik dan dibunuh secara kejam dari kediaman masing-masing.

Monumen Lubang Buaya terdiri atas beberapa bangunan yang dulu digunakan para pemberontak menginterogasi dan menyiksa beberapa pahlawan revolusi.

Para jenderal yang dibunuh PKI itu antara lain adalah Achmad Yani, DI Pandjaitan, Pierre Tendean, S Parman , MT Haryono , Suprapto serta Sutoyo. Juga tewas Ade Irma Nasution, putri Jenderal Abdul Haris Nasution.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009