Yogyakarta (ANTARA News) - Kesebelasan Persiba Balikpapan mengalahkan Persiba Bantul dengan angka 2-1 pada pertandingan sepak bola turnamen Piala Kraton 2009 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Selasa.

Persiba Bantul unggul lebih dulu melalui sundulan Luciano menit empat. Namun, Persiba Balikpapan menyamakan kedudukan melalui tendangan Heri Aryawan menit 37 dan menambah angka lewat kaki Julio Lopez menit 67.

Pertandingan di babak pertama berlangsung cukup menarik, kedua tim saling melancarkan serangan. Serangan Persiba Bantul menghasilkan gol di menit empat melalui Luciano yang menyundul bola lambung.

Setelah terjadi gol pertama, pertandingan berlangsung semakin menarik. Beberapa kali pemain kedua tim berhasil mengarahkan tendangan ke gawang lawan, tetapi belum menghasilkan gol.

Namun, delapan menit menjelang babak pertama berakhir Persiba Balikpapan berhasil menyamakan kedudukan melalui tendangan Heri Aryawan yang gagal ditepis kiper Persiba Bantul Wahyu Tri Nugroho.

Kedudukan 1-1 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, permainan semakin berkembang. Kedua tim berusaha menambah angka dengan melancarkan serangan yang cukup gencar ke daerah pertahanan lawan.

Di menit 67, pemain Persiba Balikpapan Julio Lopez berhasil menjebol gawang Persiba Bantul yang dijaga Wahyu Tri Nugroho sehingga mengubah kedudukan menjadi 2-1. Namun, di menit 88 Persiba Bantul terpaksa kehilangan seorang pemain, Dodi Kuswara.

Pemain bernomor punggung empat itu harus keluar lapangan setelah diganjar dua kartu kuning oleh wasit Untung Suhendro. Meskipun hanya bermain dengan 10 pemain, Persiba Bantul tetap tampil menyerang.

Di menit 44, Persiba Bantul berpeluang menyamakan angka melalui titik penalti. Persiba Bantul memperoleh tendangan penalti setelah Slamet Nurcahyo dijatuhkan kapten Persiba Balikpapan Mijou Dadic di area penalti.

Eksekusi penalti dipercayakan kepada Edward Isir, namun tendangannya melambung tinggi di atas mistar gawang Persiba Balikpapan dan gagal menghasilkan gol. Kedudukan 2-1 untuk Persiba Balikpapan tidak berubah hingga pertandingan berakhir.

Pelatih Persiba Balikpapan Daniel Roekito usai pertandingan mengatakan, meskipun berhasil mengalahkan Persiba Bantul, permainan timnya belum maksimal dan masih banyak kekurangan yang perlu diperbaiki.

"Kemenangan itu cukup baik untuk menambah pengalaman, namun masih banyak yang harus dievaluasi dan ditingkatkan, di antaranya kecepatan, ketajaman lini depan, dan kerja sama tim," katanya.

Pelatih Persiba Bantul, Rully Nere mengatakan, meskipun kalah, tim yang diasuhnya bermain cukup baik. Penampilan mereka di lapangan ada peningkatan.

"Kami melihat ada peningkatan dalam kualitas permainan pemain di lapangan. Hal itu cukup berguna untuk bekal menghadapi pertandingan berikutnya," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009