Jakarta (ANTARA News) - Brasil minta dukungan Indonesia agar keinginan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2016 dapat terwujud, kata Duta Besar Brasil untuk Indonesia Manuel Innocencio Santos ketika berkunjung ke Ketua Umum KONI/KOI Rita Subowo di Gedung KONI/KOI Pusat, Senin.

Duta Besar Brasil menyampaikan pesan khsusus Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva yang intinya meminta dukungan agar Brasil dapat mewujudkan impiannya menjadi tuan rumah Olimpiade 2016.

"Kami sangat berharap keinginan menjadi tuan rumah Olimpiade 2016 ini dapat terwujud," ujar Duta Besar Brasil Manuel Innocencio Santos.

Sebagai Anggota IOC, Rita Subowo menyambut baik tekad dan keinginan Brasil tersebut yang begitu antusias ingin menjadi tuan rumah Olimpiade 2016.

"Saya sangat menghargai tekad dan keinginan Brasil, namun semua itu akan diputuskan dalam voting saat penentuan tuan rumah Olimpiade 2016 di Kopenhagen awal Oktober ini," kata Rita Subowo yang didampingi Wakil Ketua Umum KOI Indra Kartasasmita dan Sekjen KOI Arie Ariotedjo.

Empat kota yakni Chicago Amerika Serikat, Tokyo Jepang, Madrid Spanyol dan Rio De Janeiro Brazil akan bersaing untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2016. Penentuan tuan rumah Olimpiade 2016 ini akan diputuskan dalam Sidang Komite Olimpiade Internasional (IOC) di Kopenhagen, Denmark pada 2-5 Oktober 2009.

Selain Brasil, Jepang juga meminta dukungan yang sama sehubungan pencalonan Tokyo sebagai kandidat tuan rumah.

Rita Subowo juga mengemukakan, dirinya mendapat kesempatan menjadi salah satu pembicara pada kongres IOC ke-13 tersebut. Ia akan menyampaikan paparannya di sela-sela Plenary Hall pada tanggal 4 Oktober.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009