Jakarta (ANTARA) - Produsen kendaraan listrik Amerika Serikat, Tesla dikabarkan tengah merancang van listrik setelah mereka membangun roadster dan truck pick-up.

Pembangunan van listrik terbaru ini diketahui setelah Dewan Otoritas Transportasi, San Bernardino, California, menerima proposal yang melibatkan The Boring Company sebagai pengembang terowongan yang nantinya menghubungkan Bandara Internasional Ontario dengan kota Rancho Cucamonga.

The Mercury News melaporkan, proposal tersebut melibatkan pembangunan terowongan sepanjang 4,5 km, berdiameter 4,2 meter dan terletak sekitar 10,7 meter di bawah tanah.

Dikutip dari CarsCoops, Selasa, proyek pembangunan itu akan bisa mengangkut orang dengan kendaraan listrik dengan kecepatan hingga 127 mph (204 km / jam).

Untuk membantu mengangkut sekitar 1.200 orang setiap hari, Curt Hagman dari San Bernardino mengatakan The Boring Company bekerja sama dengan Tesla untuk mengembangkan van penumpang listrik.

Baca juga: Tesla Model 3 terjual belasan ribu unit dalam sebulan di China

Baca juga: Mau saingi Tesla, General Motors diam-diam garap van listrik


Kendati demikian, ia tidak berbicara banyak mengenai hal itu. Akan tetapi, mereka mencatat mobil van ini akan dapat mengangkut hingga 12 orang dan barang-barang mereka.

Tidak banyak yang diketahui tentang van itu, tetapi The Boring Company sebelumnya memang mengisyaratkan kendaraan listrik otonom yang didasari pada versi modifikasi dari Model Tesla 3. Kendaraan-kendaraan itu dirancang untuk mengangkut hingga 16 penumpang.

Proyek ini dikenal sebagai Loop Bandara Ontario, diperkirakan menelan biaya antara 45-75 juta dolar Amerika Serikat.

Proyek ini bisa diselesaikan dalam tiga hingga empat tahun, yang akan membuatnya jauh lebih murah dan lebih cepat untuk menyelesaikan daripada proposal lainnya.

Baca juga: Tesla Model X akan angkut astronaut

Baca juga: Tesla mobil impor terlaris ketiga di Korsel, setelah Mercy dan BMW

Baca juga: Penjualan Tesla Model 3 anjlok di China


 

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020