Tasikmalaya (ANTARA News) - Pemerintah daerah Kabupaten Tasikmalaya sementara waktu, Kamis dini hari sudah membagikan lima ton beras ke beberapa daerah Kecamatan yang mengalami kerusakan rumah dan warga yang mengungsi akibat gempa bumi yang mengguncang daerah Tasikmalaya, Rabu sekitar pukul 15.00 WIB.

Bupati Tasikmalaya, Tatang Farhanul Hakim melalui petugas tim bantuan sosial, Iwan Ridwan kantor Bupati Tasikmalaya yang berada di wilayah Kota Tasikmalaya, mengatakan bantuan beras tersebut merupakan awal bantuan dari pemerintah daerah Kabupaten Tasikmalaya.

"Sementara ini baru dibagikan bantuan berupa beras dan sebelumnya bantuan makanan lain sudah diberikan kepada korban gempa," kata Iwan.

Beras tersebut akan dikirim dan disebarkan ke masing-masing daerah dengan menggunakan truk serta pengawalan dari pihak aparat setempat, menyusul daerah yang mengalami kerusakan terjadi di wilayah pelosok kabupaten Tasikmalaya yang harus ditempuh minimal sekitar satu jam.

Bantuan lainnya berupa obat-obatan, sementara ditangani puskesmas masing-masing di Kecamatan dengan persediaan obat yang masih dimiliki, sedangkan bantuan sembako dan kebutuhan yang diperlukan korban selanjutnya akan menyusul.

"Sekarang bagikan dulu beras, kemudian kebutuhan yang lainnya akan segera dibagikan," katanya.

Sementara itu di pemerintah Kota Tasikmalaya, kata Wali kota Tasikmalaya, Syarif Hidayat, Rabu malam sudah menyediakan tenda darurat di dua Kecamatan Cibeureum dan Purbaratu yang disinyalir daerah cukup parah mengalami kerusakan.

Selain itu seluruh tim medis di setiap Puskesmas di 10 Kecamatan dikerahkan untuk bersiaga menangani korban gempa, termasuk dokter dan perawat di rumah sakit umum daerah Tasikmalaya disiagakan.

"Korban gempa yang mengalami luka berat maupun ringan sudah banyak ditangani pihak rumah sakit Tasikmalaya," kata wali kota Tasikmalaya yang didampingi kepala RSUD Tasikmalaya, balekota Tasikmalaya, Rabu malam.

Sementara itu korban jiwa hingga Rabu tengah malam terdata di wilayah Kota Tasikmalaya berjumlah tiga orang yang meninggal, sedangkan di Kabupaten Tasikmalaya sembilan orang yang meninggal dunia, seluruhnya disebabkan karena tertimpa reruntuhan bangunan rumah.

Sedangkan jumlah rumah yang rusak berat dan ringan di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya mencapai sekitar 1.500 rumah, diantaranya 900 rumah rusak berat, sisanya ringan dan retak-retak serta genting yang berjatuhan.

Selain itu Puskesmas di Kecamatan Cigalontang, Kabuapten Tasikmalaya, Puskesmas ambruk, sedangkan di wilayah Kecamatan Cisayong satu pesantren mengalamikerusakan berat. Diwilayah Kota Tasikmalaya kerusakan berat yang cukup berat dialami di Kecamatan Cibeureum dan Purbaratu.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009