Semarang (ANTARA News) - Penentuan nama calon ketua DPR dari Partai Demokrat selaku pemenang Pemilu Legislatif 2009, masih belum jelas dan menunggu keputusan Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY.

"Sudah ada lima kandidat, last minute nanti menjadi hak prerogatif dewan pembina," kata Nurul Qomar, pengurus Partai Demokrat, dalam uji publik RUU Perfilman di Semarang, Sabtu.

Qomar menyebutkan kelima kandidat ketua DPR adalah Haryono Isman, Marzukie Alie, Sjarief Hasan, Anas Urbaningrum dan Taufik Effendy. "Nanti Pak SBY yang menentukan," kata Qomar.

Partai Demokrat sudah dipastikan mendapat jatah kursi Ketua DPR, namun sampai sekarang belum ditunjuk nama yang akan mengisi jabatan tersebut.

Munculnya lima kandidat calon ketua DPR tersebut diseleksi Tim Sembilan untuk disaring menjadi tiga nama berdasarkan segi kapasitas, pengalaman, kredibilitas, dan reputasi.

Setelah tahapan itu selesai, Tim Sembilan menyerahkan nama-nama ke DPP Partai Demokrat untuk kemudian dikonsultasikan kepada Yudhoyono untuk diputuskan.

Sesuai dengan Undang-Undang tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), ketua DPR berasal dari partai politik pemenang Pemilu Legislatif 2009. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009